Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Elektro > Program Studi Teknik Listrik > 2006

FUNGSI RECLOSER UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI PT. PLN (PERSERO) APJ MAJALAYA UPJ PRIMA MAJALAYA

45 / 2006 / EL
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:40
Oleh : Ferry Wirawan (03312014), Polban (fey_hml_polban@plasa.com)
Dibuat : 2007-01-04, dengan 1 file

Keyword : Recloser, Mutu Pelayanan

ABSTRAK




PLN merupakan instansi negara yang mempunyai posisi strategis dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Sesuai dengan tingkat pertumbuhan kelistrikan di Indonesia, maka PLN tidak hanya berusaha memenuhi permintaan daya yang meningkat, akan tetapi juga meningkatkan keandalan mutu pelayanan.




Terdapat dua indikator TMP yang sering digunakan, yaitu : indeks frekuensi pemadaman rata-rata (f) yang dikenal dengan SAIFI (System Average Interruption Frequency Index) dan indeks lama pemadaman rata-rata (d) yang dikenal dengan SAIDI (System Average Interruption Duration Index).




PLN APJ Majalaya-UPJ Prima Majalaya memiliki 23 penyulang SUTM, diantaranya adalah penyulang Paseh dan Penyulang Pangalengan yang merupakan penyulang ke-3 dan ke-2 tertinggi mengalami gangguan (PMT trip), yaitu 76 kali dan 80 kali gangguan. Gangguan paling banyak dialami oleh penyulang WRCA, yaitu 82 kali gangguan. Namun gangguan temporer pada penyulang WRCA jauh lebih banyak daripada penyulang Paseh dan penyulang Pangalengan, sehingga durasi pelanggan padamnya lebih kecil dan nilai SAIDInya pun lebih kecil.




Berdasarkan hasil perhitungan, realisasi SAIDI dan SAIFI tahun 2005 tiap penyulang berbeda. Untuk penyulang Paseh, realisasi SAIDI sebesar 1.893 jam/tahun dan realisasi SAIFI sebesar 6.333 kali/tahun. Untuk penyulang Pangalengan, realisasi SAIDI sebesar 2.584 jam/tahun dan realisasi SAIFI sebesar 6.667 kali/tahun.




Berdasarkan hasil perhitungan contoh kasus, setelah menempatkan recloser di tiap penyulang, nilai realisasi SAIDI dan SAIFI dapat ditekan. Untuk penyulang Paseh, pada recloser 1, nilai SAIDI sebelum pemasangan sebesar 1.483 jam/tahun dan SAIFI sebesar I kali/tahun. Setelah pemasangan ada peningkatan, SAIDI menjadi 1.292 jam/tahun dan SAIFI menjadi 0.871 kali/tahun. Untuk penyulang Pangalengan, pada recloser 1, nilai SAIDI sebesar 0.333 jam/tahun dan SAIFI sebesar I kali/tahun. Setelah pemasangan ada peningkatan, SAIDI menjadi 0.274 jam/tahun dan SAM menjadi 0.822 kali/tahun.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK




PLN merupakan instansi negara yang mempunyai posisi strategis dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Sesuai dengan tingkat pertumbuhan kelistrikan di Indonesia, maka PLN tidak hanya berusaha memenuhi permintaan daya yang meningkat, akan tetapi juga meningkatkan keandalan mutu pelayanan.




Terdapat dua indikator TMP yang sering digunakan, yaitu : indeks frekuensi pemadaman rata-rata (f) yang dikenal dengan SAIFI (System Average Interruption Frequency Index) dan indeks lama pemadaman rata-rata (d) yang dikenal dengan SAIDI (System Average Interruption Duration Index).




PLN APJ Majalaya-UPJ Prima Majalaya memiliki 23 penyulang SUTM, diantaranya adalah penyulang Paseh dan Penyulang Pangalengan yang merupakan penyulang ke-3 dan ke-2 tertinggi mengalami gangguan (PMT trip), yaitu 76 kali dan 80 kali gangguan. Gangguan paling banyak dialami oleh penyulang WRCA, yaitu 82 kali gangguan. Namun gangguan temporer pada penyulang WRCA jauh lebih banyak daripada penyulang Paseh dan penyulang Pangalengan, sehingga durasi pelanggan padamnya lebih kecil dan nilai SAIDInya pun lebih kecil.




Berdasarkan hasil perhitungan, realisasi SAIDI dan SAIFI tahun 2005 tiap penyulang berbeda. Untuk penyulang Paseh, realisasi SAIDI sebesar 1.893 jam/tahun dan realisasi SAIFI sebesar 6.333 kali/tahun. Untuk penyulang Pangalengan, realisasi SAIDI sebesar 2.584 jam/tahun dan realisasi SAIFI sebesar 6.667 kali/tahun.




Berdasarkan hasil perhitungan contoh kasus, setelah menempatkan recloser di tiap penyulang, nilai realisasi SAIDI dan SAIFI dapat ditekan. Untuk penyulang Paseh, pada recloser 1, nilai SAIDI sebelum pemasangan sebesar 1.483 jam/tahun dan SAIFI sebesar I kali/tahun. Setelah pemasangan ada peningkatan, SAIDI menjadi 1.292 jam/tahun dan SAIFI menjadi 0.871 kali/tahun. Untuk penyulang Pangalengan, pada recloser 1, nilai SAIDI sebesar 0.333 jam/tahun dan SAIFI sebesar I kali/tahun. Setelah pemasangan ada peningkatan, SAIDI menjadi 0.274 jam/tahun dan SAM menjadi 0.822 kali/tahun.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
OrganisasiPolban
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ghofar Arifin, MT; Sudrajat, M.Eng.Sc, Editor:

Download...