Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Analisis Loyalitas Pelanggan Perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Bandung
Analysis Of Corporate Customer Loyalty In PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Bandung
Tugas Akhir, 021 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 08:07:23
Oleh : Salba Sakinah Sukma Pratiwi - 165211023 (salbasakinahsp@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file
Keyword : Loyalitas, Pelanggan, JNE
Subjek : Loyalty, Customer, JNE
Sales Corporate adalah salah satu department dari PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang bertanggung jawab atas penjualan produk berupa jasa pengiriman pada pelanggan perusahaan atau badan usaha dengan menyediakan layanan Pick-up On Call di tempat. Seiringnya berjalannya waktu, banyak bertumbuhnya perusahaan sejenis seperti Sicepat, J&T dan Ninja Xpress yang memberikan penawaran sangat menarik. Hal ini menjadi tantangan bagi Sales Corporate JNE untuk tetap menjaga loyalitas pelanggannya agar tidak tertarik dengan tawaran pesaing. Namun Sales Corporate mengalami penurunan jumlah pelanggan, terhitung ditahun 2016 pelanggan sebanyak 1634 dari tahun ke tahun mengalami penurunan, hingga bulan Maret tahun 2019 jumlah pelanggan menjadi 1140 perusahaan, mengindikasikan bahwa loyalitas pelanggan Sales Corporate mulai berkurang. Penelitian dengan judul Analisis Loyalitas Pelanggan Perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Bandung, bertujuan untuk mengetahui loyalitas pelanggan perusahaan JNE dan mengetahui dimensi yang tertinggi atau terendah dari variabel loyalitas. Metode penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 1140, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria pelanggan aktif yang menggunakan layanan pick-up corporate lebih dari 2 bulan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang disebar pada 100 responden. Hasil dari penelitian di dapatkan bahwa loyalitas pelanggan corporate termasuk kategori baik, dengan mean sebesar 3,58 berada dalam interval 3,41-4,20. Dimensi tertinggi adalah merekomendasikan pada pihak lain dengan mean sebesar 3,80 dan dimensi terendah adalah kebal terhadap pesaing dengan mean sebesar 3,39. Kata Kunci: Loyalitas, Pelanggan, JNE.
Deskripsi Alternatif :Sales Corporate is one of the departments of PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), which provides Pick-up On Call services. Over time, there have been many similar companies such as Sicepat, J&T and Ninja Xpress offered very interesting. This is a challenge for JNE Corporate Sales to maintain customer loyalty, so that not to interested in competing offers. However, Sales Corporate JNE experienced decline in customers, in 2016, as many as 1,634 customers declined from year to year, until March 2019 the number of customers became 1,140 companies, which showed that Corporate Customer Loyalty Sales began to decline. Research with the title "Analysis Of Corporate Customer Loyalty In PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Bandung". The research method uses a descriptive quantitative approach. The population in this study was 1140, the sampling technique used was purposive sampling with criteria for active customers who used company pickup services for more than 2 months. Data collection is a questionnaire distributed to 100 respondents. The results of the study found that corporate customers have a good category, with an average of 3.58 in the interval from 3.41 to 4.20. The highest dimension is giving an average of 3.80 and the lowest dimension is competitor with an average of 3.39. Keyword: Loyalty, Customer, JNE.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Sholihati Amalia, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211023.pdf
(1022890 bytes)
File : BAB 1 - 165211023.pdf
(265405 bytes)
File : BAB 2 - 165211023.pdf
(259766 bytes)
File : BAB 5 - 165211023.pdf
(166112 bytes)