Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2021
Proyek Perancangan Optimalisasi Twitter Untuk Meningkatkan Brand Image PALA Nusantara
Twitter Optimization Design Project To Improve Brand Image of PALA Nusantara
Tugas Akhir, 021 / 2021 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-01-19 09:14:37
Oleh : Salsabila Putri - 185231024 (salsabila.putri.mpem18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-01-19, dengan 4 file
Keyword : Faktor 4C, Konten, Optimalisasi, Twitter, Brand Image
Subjek : 4C Factor, Content, Optimization, Twitter, Brand Image
Komunikasi pemasaran merupakan salah satu aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjangkau para audiensnya. Dalam melakukan aktivitas komunikasi pemasaran, banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai alat dalam melakukan aktivitas tersebut. Begitu juga halnya dengan PALA Nusantara. PALA Nusantara menggunakan media sosialnya dalam melakukan aktivitas komunikasi pemasaran, salah satunya melalui Twitter. Twitter sendiri merupakan media sosial yang berfungsi untuk melakukan microblogging. Namun penggunaan Twitter di PALA Nusantara sendiri belum dilaksanakan secara optimal, maka dari itu dalam proyek ini, penulis melakukan perancangan optimalisasi Twitter untuk meningkatkan brand image PALA Nusantara. Proyek ini menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan datanya, yaitu melalui wawancara dan juga didukung oleh angket kuesioner. Wawancara dilakukan dengan General Manager dan Social Media Manager PALA Nusantara, serta wawancara ahli dengan para Admin dari suatu brand ataupun olshop yang aktif melakukan komunikasi pemasaran di Twitter. Dalam proyek ini, penulis juga melakukan kegiatan optimalisasinya dengan menggunakan yang telah penulis rancang. Penulis menggunakan unsur 4C dalam perancangan optimalisasi Twitter ini, yaitu content, context, connectivity, dan continuity. Dari proyek yang penulis lakukan, terdapat peningkatan brand image bagi PALA Nusantara melalui akun Twitternya. Hal tersebut dilihat dari hasil kuesioner dan juga hasil analytics dari akun Twitter PALA Nusantara selama dilakukan optimalisasi. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa konten-konten yang penulis kembangkan selama melakukan optimalisasi dapat menciptakan citra positif bagi PALA Nusantara dan juga keterikatan emosional antara brand PALA Nusantara dan juga para respondennya. Selain itu, hasil analytics juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup tinggi di bagian impression dan engagement akun Twitternya. Maka dari itu, perancangan optimalisasi dengan menggunakan unsur 4C dapat diaplikasikan dalam pengelolaan akun Twitter PALA Nusantara untuk ke depannya. Kata Kunci: Faktor 4C, Konten, Optimalisasi, Twitter, Brand Image.
Deskripsi Alternatif :Marketing communication is one of the marketing activities carried out by the company to reach its audience. In carrying out marketing communication activities, many companies have used social media as a tool in carrying out these activities. So is the case with PALA Nusantara. PALA Nusantara uses its social media in conducting marketing communication activities, one of which is through Twitter. Twitter itself is a social media that serves to do microblogging. However, the use of Twitter in PALA Nusantara itself has not been carried out optimally, therefore in this project, the author designed Twitter optimization to improve brand image PALA Nusantara's. This project uses qualitative methods in data collection, namely through interviews and is also supported by a questionnaire. Interviews were conducted with the General Manager and Social Media Manager of PALA Nusantara, as well as expert interviews with the Admins of a brand or olshop who actively conduct marketing communications on Twitter. In this project, the author also performs optimization activities using what the author has designed. The author uses 4C elements in this Twitter optimization design, namely content, context, connectivity, and continuity. From the project that the author did, there was an increase in the brand image for PALA Nusantara through its Twitter account. This can be seen from the results of the questionnaire and also the results of analytics from the PALA Nusantara Twitter account during optimization. The results of the questionnaire show that the contents that the author developed during optimization can create a positive image for PALA Nusantara and also the emotional attachment between the brand PALA Nusantara and its respondents. In addition, the results of analytics also show that there is a fairly high increase in the impression and engagement of his Twitter account. Therefore, the optimization design using 4C elements can be applied in managing the PALA Nusantara Twitter account in the future. Keywords: 4C Factor, Content, Optimization, Twitter, Brand Image.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Arie Indra Gunawan, S.Pd., M.M.
Pembimbing 2: Widi Senalasari, S.Ak., M.M., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 185231024.pdf
(435296 bytes)
File : BAB 1 - 185231024.pdf
(723812 bytes)
File : BAB 2 - 185231024.pdf
(1109506 bytes)
File : BAB 5 - 185231024.pdf
(255062 bytes)