Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2020
Penggunaan Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness dengan Pendekatan Model AIDA (Studi Kasus: Bakakak Ayam Bilqis)
The Use of Instagram to Increase Brand Awareness using AIDA Model (Case Study: Bakakak Ayam Bilqis)
Tugas Akhir, 026 / 2020 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-04-20 10:56:17
Oleh : Sarah Sayyidatun Nafisa - 175231031 (sarah.sayyidatun.mpem17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-04-20, dengan 4 file
Keyword : Social Media Marketing, AIDA Model, Brand Awareness, Bakakak Ayam Bilqis
Subjek : Pemasaran Media Sosial, Model AIDA, Kesadaran Merek, Bakakak Ayam Bilqis
Penggunaan media sosial telah menjadi tren di masyarakat karena diyakini dapat memenuhi kebutuhannya. Hal ini mengharuskan setiap pemasar untuk beradaptasi dengan mengikuti tren masyarakat sehingga dapat mencapai prospek pasar yang luas. Hal tersebut dikenal dengan sebutan pemasaran media sosial. Salah satu media sosial yang memiliki jangkauan pengguna yang tinggi ialah Instagram. Penggunaan Instagram sebagai media pemasaran bisa menjadi pilihan bagi pelaku bisnis yang masih melakukan pemasaran secara konvensional, contohnya adalah Bakakak Ayam Bilqis yang masih menggunakan media Word of Mouth sebagai media promosi. Selain itu, Bakakak Ayam Bilqis memiliki pesaing yang lebih diketahui oleh masyarakat Sumedang. Dengan penggunaan fitur-fitur khusus untuk kategori akun bisnis pada Instagram, Bakakak Ayam Bilqis mempunyai peluang untuk meningkatkan kesadaran merek. Oleh karena itu, penulis menyusun proyek penggunaan Instagram Bakakak Ayam Bilqis dalam meningkatkan kesadaran merek. Metode yang digunakan dalam proyek ini adalah metode penelitian kualitatif melalui wawancara ahli, serta disempurnakan dengan hasil wawancara untuk mengukur keberhasilan proyek. Berdasarkan wawancara dengan konsumen, penulis menyimpulkan bahwa Bakakak Ayam Bilqis mengalami peningkatan kesadaran merek dan pesan dalam konten yang dipublikasikan dapat tersampaikan dengan baik. Disamping itu, akun Instagram Bakakak Ayam Bilqis memiliki kekurangan antara lain caption yang kurang menonjol, hashtag yang terlalu spesifik, dan visualisasi objek foto ayam yang perlu ditingkatkan, sehingga penyempurnaan rancangan dilakukan. Hasil akhir menunjukkan bahwa penggunaan Instagram dapat meningkatkan kesadaran merek Bakakak Ayam Bilqis yang didukung dengan data hasil polling yang memperoleh 50 responden. 64% diantaranya diketahui sudah mengetahui Bakakak Ayam Bilqis, sebelumnya hanya 32% dari 50 responden yang mengetahui Bakakak Ayam Bilqis.
Deskripsi Alternatif :The use of social media has become a trend in society because itâs believed it can answer their needs. It requires every marketer to adapt by following the society trend, so they can reach wider market prospects. The use of social media as marketing tool is known as Social Media Marketing. One of social media platform that has large user reach is Instagram. The use of Instagram as marketing tool can be an option for every marketer that still uses conventional marketing, the example is Bakakak Ayam Bilqis that still use Word of Mouth media as their promotion media. Aside of that, Bakakak Ayam Bilqis has some competitors that are more known by Sumedang citizen. With the use of special features for business account category on Instagram. Bakakak Ayam Bilqis has the opportunity improve their brand awareness. Therefore, the writer made up a project about The Use of Bakakak Ayam Bilqis Instagram to Increase Brand Awareness. The method used in this project is qualitative research methods by the result of interviewing experts supported with the result of interviewing consumers to measure the project success based on the result of interview with consumer, the writer concluded that Bakakak Ayam Bilqis happened to increase their brand awareness. Aside of that, there were still lacks. For example, the caption was still less prominent, the hashtag was too specific, the visualization of the chicken photo object needed to be improved, so improving the contents had to be done. Final results points out that the use of Instagram could Increase the brand awareness of Bakakak Ayam Bilqis that supported with polling results that reached 50 respondents. 64% of them have known Bakakak Ayam Bilqis, before that there were only 32% of them who had known Bakakak Ayam Bilqis.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Drs. Agustinus C. Februadi, M.Phil., Ph.D.
Pembimbing 2: Rafiati, S.Si.,M.S.M., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 175231031.pdf
(1014404 bytes)
File : BAB 1 - 175231031.pdf
(314684 bytes)
File : BAB 2 - 175231031.pdf
(384618 bytes)
File : BAB 5 - 175231031.pdf
(296876 bytes)