Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Revitalisasi Program Aplikasi Komputer EPOS (Enhanced Point of Sale) Dengan Cara Pembuatan Buku Pedoman Aplikasi EPOS di Point99 Computer Bandung
Revitalization of Computer Application Programs EPOS (Enhanced Point of Sale) by Making EPOS Application Guidelines in Point99 Computer Bandung
Tugas Akhir, 025 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 08:20:25
Oleh : Sean Zufar Kaukab - 165211027 (sean.zufar@yahoo.com)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file
Keyword : administrasi, aplikasi, buku pedoman, EPOS, teknologi komputer
Subjek : administration, application, EPOS, manual, computer technology
EPOS (Enhanced Point of Sale) dibuat oleh anak bangsa untuk menjadi salah satu contoh atau prototype dari sekian banyak contoh aplikasi komputer yang ada. Terdapat beberapa fitur proses bisnis seperti pencatatan penjualan, pembelian, hingga pembuatan laporan keuangan yang menjadi penunjang kegiatan pencatatan administrasi. Akan tetapi jika cara penggunaanya sesuai dengan tata caranya maka dari itu dibutuhkan buku pedoman yang berisi sejumlah informasi tentang cara memakai aplikasi EPOS agar siapa saja dapat mengerti cara penggunaannya dari aplikasi EPOS. Pembuatan buku pedoman penggunaan aplikasi komputer EPOS ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi dari dua sumber yaitu (1) pemakai (user) yang merupakan pihak kerja terkait (Pemilik, Manajer Offline dan Manajer Online) yang menjadi penentu dalam kebutuhan kegiatan administrasi apa saja yang dibutuhkan. Kemudian (2) pembuat aplikasi atau Programmer diwawancara untuk mendapat informasi mengenai cara penggunaan dari fitur-fitur pada aplikasi EPOS yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum wawancara ke-2 pada pihak programmer dilakukan, diperlukan penyusunan rancangan DFD (Data Flow Diagram). Rancangan DFD ini digunakan untuk mempermudah pengelompokan akan informasi dari kebutuhan pengguna dan fitur yang sekiranya akan dicantumkan dalam buku pedoman dan dapat menjadi acuan dasar dalam pertanyaan apa saja yang akan diajukan pada wawancara pihak ke-2. Setelah buku pedoman selesai dibuat selanjutnya adalah mempraktekan langsung kepada pihak kerja terkait mengenai penggunaan buku pedoman EPOS kemudian akan didapati saran mengenai apasaja kekurangan yang terdapat dalam buku pedoman yang kemudian akan direvisi kembali sesuai dengan alur metode pelaksanaan proyek dan nantinya diresmikan oleh pihak kerja terkait jika produk dari proyek ini sudah layak mereka gunakan. Kata kunci: administrasi, aplikasi, buku pedoman, EPOS, teknologi komputer.
Deskripsi Alternatif :EPOS (Enhanced Point of Sale) is made by Indonesian people to be one example or prototype of many examples of existing applications. There are several features such as recording sales, purchases, and making financial reports that support administrative records but if the method is used in accordance with the procedures, therefore a guidebook that contains a number of information on how to use the EPOS application is needed so that anyone can understand how to use it. from the EPOS application. Making this manual for using the EPOS application uses data collection methods through interviews. Interviews are conducted to obtain information from two sources, namely (1) users (users) who are related work parties (Owners, Offline Managers and Online Managers) who are the determinants of what administrative activities are needed. Then (2) the application maker or Programmer is interviewed to get information about how to use the features of the EPOS application which will be tailored to the needs. Before the 2nd interview on the part of the programmer, the drafting of the DFD (Data Flow Diagram) was needed, the design of this DFD was used to facilitate the grouping of information on user needs and features that would be included in the guidebook and could be a basic reference in any question will be submitted to a 2nd party interview. After the guideline is completed, the next step is to practice directly with the relevant work parties regarding the use of the EPOS manual, and it will be found suggestions on what shortcomings in the guidebook will be refilled according to the flow of the project implementation and will be formalized by the related parties if the product of this project is feasible they use. Keywords: administration, application, EPOS, manual, computer technology.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211027.pdf
(998592 bytes)
File : BAB 1 - 165211027.pdf
(562070 bytes)
File : BAB 2 - 165211027.pdf
(560523 bytes)
File : BAB 4 - 165211027.pdf
(614404 bytes)