Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2012
ANALISIS BIAYA SIKLUS HIDUP DAN PENENTUAN TITIK AREA BLACK SPOT DI JALAN SUPRATMAN KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT
LIFE CYCLE COST ANALYSIS AND DETERMINATION BLACK SPOT AREA AT SUPRATMAN STREET BANDUNG WEST JAVA
Tugas Akhir, 009 / 2012 / TPJJUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:48
Oleh : Septian Ady Pratama - 08124026
Dibuat : 2013-01-08, dengan 4 file
Keyword : Analisis Biaya Siklus Hidup, IRI, BOK, Titik Black Spot, NPV
Subjek : Life Cycle Cost Analysis, IRI, BOK, Black Spot, NPV
Dalam Tugas Akhir ini Analisis Biaya Siklus Hidup digunakan untuk membandingkan strategi-strategi pemeliharaan jalan untuk jenis perkerasan lentur ruas jalan Supratman selama periode analisis 15 tahun. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh 4 jenis strategi pemeliharaan yaitu pada strategi pemeliharaan 1 ditentukan untuk perbaikan berkala setiap 3 tahun sekali, dan untuk pemeliharaan rutin dilakukan setiap tahun sekali. Untuk strategi pemeliharaan 2 dilakukan pemeliharaan berkala dilakukan setiap 4 tahun sekali, dan pemeliharaan rutin setiap tahun sekali. Strategi pemeliharaan 3 dilakukan pemeliharaan berkala selama 5 tahun sekali, dan untuk pemeliharaan rutin dilakukan setiap tahun, dan strategi yang terakhir adalah strategi pemeliharaan 4 dilakukan pemeliharaan setiap tahun dan pemeliharaan berkala saat nilai IRI >6 m/km. Setelah itu dihitung biaya pengelolaan jalan, biaya operasi kendaraan, menentukan titik area black spot dan menghitung biaya kecelakaan lalulintas. Untuk menentukan strategi pemeliharaan yang tepat dilakukan analisis ekonomi pada setiap biaya strategi pemeliharaan jalan dengan menggunakan Net Present Value (NPV). Jenis pemeliharaan yang memberikan nilai NPV paling rendah yaitu strategi pemeliharaan 1 dengan nilai NPV sebesar Rp. 3.848.922.937.617 untuk suku bunga dikonto 2,5% Rp. 3.327.299.921.796 untuk suku bunga 3,5% Rp. 2.880.400.250.332 untuk suku bunga diskonto 4,5%. Kata kunci: Analisis Biaya Siklus Hidup, IRI, BOK, Titik Black Spot, NPV
Deskripsi Alternatif :In this Final Project Life Cycle Cost Analysis is used to compare maintenance strategies for these types of flexible pavement roads Supratman over the analysis period of 15 years. Based on the analysis, obtained four types of maintenance strategy, namely the maintenance of a defined strategy for improvement periodically once every three years, and for routine maintenance performed every year. For the second maintenance strategy performed routine maintenance performed every four years, and routine maintenance once every year. 3 maintenance strategy performed periodic maintenance for 5 years or so, and for routine maintenance performed every year, and the latter strategy is the strategy of maintenance of 4 performed maintenance and periodic maintenance every year while the value of IRI> 6 m / km. After that calculated the cost of road management, vehicle operating costs, determine the point of black spot area and calculate the cost of traffic accidents. To determine the maintenance strategy is appropriate for economic analysis at any cost of road maintenance strategy by using the Net Present Value (NPV). Type of maintenance that gives the lowest NPV is a maintenance strategy with NPV Rp. 3,848,922,937,617 to dikonto 2.5% interest rate Rp. 3,327,299,921,796 to Rp 3.5% interest rate. 2,880,400,250,332 to 4.5% discount rate. Keywords: Life Cycle Cost Analysis, IRI, BOK, Black Spot, NPV
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Lilian Diasti Dessi Widuri, SST., MT. , Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 08124026.pdf
(393148 bytes)
File : BAB 1 - 08124026.pdf
(363768 bytes)
File : BAB 2 - 08124026.pdf
(271284 bytes)
File : BAB 6 - 08124026.pdf
(211188 bytes)