Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Peran Konten Post Instagram Terhadap Keterlibatan Pelanggan Secara Daring pada Industri Kosmetik di Indonesia
The Role of Instagram Post Content Towards Online Engagement in the Cosmetics Industry in Indonesia
Tugas Akhir, 051 / 2020 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-04-04 11:19:28
Oleh : Shafira Pramutya Akhmad - 175211056 (shafira.pramutya.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-04-04, dengan 4 file
Keyword : Post Content, Instagram, Online engagement
Subjek : Konten Post, Instagram, Keterlibatan Pelanggan
Media sosial menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dijauhkan dari aktivitas manusia, salah satu media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia adalah Instagram. Hal tersebut menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki Instagram untuk melakukan strategi pemasaran digital, menjalin hubungan dengan konsumen, meningkatkan popularitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari pengaruh dari jenis konten post di Instagram terhadap keterlibatan pelanggan pada enam merek kosmetik. Adapun variabel bebas yaitu jenis konten post dan variabel terikat yaitu keterlibatan pelanggan âlike dan komentar. Data penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data post yang diunggah selama bulan April 2020 - Juni 2020. Cara pengukuran yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan Kruskal Wallis dan Post Hoc. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara jumlah like dan komentar dengan jenis konten post Instagram yang diunggah ketujuh akun kosmetik. Konten post produk menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah like dan komentar, sedangkan konten post event kurang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah like, dan konten post hiburan kurang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah komentar. Dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis konten post Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. Konten post produk merupakan jenis konten yang paling memberikan pengaruh terhadap keterlibatan pelanggan sedangkan konten post event dan hiburan kurang memberikan pengaruh terhadap keterlibatan pelanggan di Instagram. Terdapat saran yang dapat dijadikan pertimbangan oleh ketujuh akun kosmetik yaitu mempertimbangkan peningkatan frekuensi mengunggah konten post produk untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.
Deskripsi Alternatif :Social media is one of the needs that can't be separated from human activities, one of the most frequently used social media in Indonesia is Instagram. This is an opportunity for business people to take advantage of Instagram's potential to carry out digital marketing strategies, build relationships with consumers, and increase brand popularity. The purpose of this study was to find out the influence of the type of post content on Instagram towards online engagement in six cosmetic brands. The independent variable is the type of post content and the dependent variable is the involvement of customers "likes and comments". This research data uses secondary data in the form of post data uploaded during April 2020 - June 2020. The method of measurement used is quantitative analysis using Kruskal Wallis and Post Hoc. The results of this study indicate that there is a significant difference between the number of likes and comments with the type of Instagram post content uploaded by the seven cosmetic accounts. Product post content shows a significant effect on the number of likes and comments, while post event content does not have a significant effect on the number of likes, and post entertainment content does not have a significant effect on the number of comments. It can be concluded that the type of content of Instagram posts has a significant influence towards online engagement. Product post content is the type of content that has the most influence towards online engagement, while post event content and entertainment have less influence towards online engagement on Instagram. There are suggestions that can be taken into consideration by the seven cosmetic accounts, namely to consider increasing the frequency of uploading product post content to increase online engagement.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Ira Siti Sarah, S.ST., MBA., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 175211056.pdf
(1055952 bytes)
File : BAB 1 - 175211056.pdf
(226228 bytes)
File : BAB 2 - 175211056.pdf
(292363 bytes)
File : BAB 5 - 175211056.pdf
(61837 bytes)