Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2021

Analisis Minat Wisatawan Terhadap Virtual Tour Atourin Selama Pandemi

Analysis of Tourist Interest in Virtual Tour Atourin During Pandemic

Tugas Akhir, 025 / 2021 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-05-12 11:40:13
Oleh : Sherin Nisrina Shandy - 185221029 (sherin.nisrina.upw18@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-05-12, dengan 4 file

Keyword : Minat Wisatawan, Wisata Virtual, E Tourism
Subjek : Tourist Interest, Virtual Tour, E Tourism

Merebaknya pandemi Covid-19 ini membuat semua sektor industri di Indonesia mengalami kesulitan. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak akibat merebaknya pandemi ini. Sejumlah perusahaan khususnya di bidang perjalanan mulai berinovasi dengan mengadakan sebuah "kegiatan baru" salah satunya virtual tour. PT. Atourin Teknologi Nusantara menjadi salah satu perusahaan pariwisata di bidang perjalanan yang menjadi pionir dalam mengadakan program virtual tour. Respon masyarakat terhadap virtual tour Atourin selama pandemi dapat dikatakan cukup tinggi karena minat masyarakat untuk melakukan perjalanan selama pandemi menurun. Karena antusiasme wisatawan terhadap virtual tour serta masih terbatasnya pembahasan maupun kajian mengenai perilaku dan minat wisatawan terkait virtual tour di Atourin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat wisatawan terhadap virtual tour Atourin selama pandemi. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan pendekatan teori faktor-faktor minat wisatawan, virtual tour, e-tourism, dan promosi wisata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik faktor analisis, bertujuan untuk mengetahui sub variabel atatu indikator yang paling dominan serta menghasilkan faktor-faktor baru dalam minat wisatawan terhadap virtual tour Atourin. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling kepada 100 responden. Kriteria sampel yaitu wisatawan yang mengetahui dan pernah mendapatkan penawaran virtual tour Atourin. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuisioner menggunakan Google form. Hasil dari analisis faktor diperoleh 9 faktor baru kemudian dari hasil analisis frekuensi diketahui didominasi oleh mahasiswa/pelajar. Faktor-faktor tersebut diantaranya faktor wisata pengetahuan, faktor sarana dan hiburan, faktor kenyamanan dan hal baru, faktor komponen layanan wisata virtual, faktor penawaran, faktor kearifan lokal, faktor dorongan perusasi, faktor penyegaran dan faktor rekomendasi. Berdasarkan 9 faktor baru yang telah diperoleh dan wisatawan yang berminat didominasi oleh mahasiswa/pelajar didapati saran bagi Atourin dapat mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dalam menyelenggarakan virtual tour dan menawarkan variasi harga maupun promo untuk pelajar.

Deskripsi Alternatif :

The outbreak of the Covid-19 pandemic has made all industrial sectors in Indonesia experiencing difficulties. Tourism is one of the sectors most affected by the outbreak of this pandemic. A number of companies, especially in the field of travel, have begun to innovate by holding a "new activity", one of which is a virtual tour. PT. Atourin Teknologi Nusantara is one of the tourism companies in the travel sector that is a pioneer in holding virtual tour programs. The public's response to the Atourin virtual tour during the pandemic can be said to be quite high because people's interest in traveling during the pandemic has decreased. Because of the enthusiasm of tourists for virtual tours and the limited discussion and study of tourist behavior and interests related to virtual tours at Atourin. This study aims to find out how tourists are interested in Atourin's virtual tour during the pandemic. To achieve this goal, the theoretical approach to tourist interest factors, virtual tours, e-tourism, and tourism promotion is used. This study uses descriptive quantitative methods with factor analysis techniques, aiming to find out the most dominant sub-variables or indicators and produce new factors in tourist interest in Atourin virtual tours. Sampling using quota sampling technique to 100 respondents. The sample criteria are tourists who know and have received Atourin virtual tour offers. The technique of collecting data is by distributing questionnaires using Google forms. The results of the factor analysis obtained 9 new factors then from the results of the frequency analysis it was known that they were dominated by students. These factors include knowledge tourism factors, facilities and entertainment factors, comfort and novelty factors, virtual tourism service components factors, supply factors, local wisdom factors, persuasion encouragement factors, refreshment factors and recommendation factors. Based on 9 new factors that have been obtained and interested tourists are dominated by students, it is found that Atourin can consider these factors in organizing virtual tours and offering price variations and promos for students.

Beri Komentar ?#(4) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dr. Marceilla Suryana, BA.(Hons), MM.Par.

    Pembimbing 2: Rikantini Widiyanti, SST.Par., MSM., Editor: Erlin Arvelina

Download...