Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Tingkat Loyalitas Pelanggan Pada Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (Studi Kasus Toserba Borma Cipamokolan Kota Bandung)

Analysis of Customer Loyalty Levels In Large-Scale Social Restrictions (Case Study Borma Department Store Cipamokolan Bandung City)

Tugas Akhir, 052 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-04-04 11:23:46
Oleh : Sherly Vebriana - 175211057 (sherlyvebriana@gmail.com)
Dibuat : 2022-04-04, dengan 4 file

Keyword : covid-19, retail, loyalty
Subjek : covid-19, ritel, loyalitas

Tahun 2020 menjadi tahun penuh dengan kekhawatiran karena adanya wabah pandemi COVID-19 yang sudah menyerang kesehatan pada jutaan penduduk di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara dengan banyak penduduknya yang terkena wabah pandemi tersebut dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kasus tertinggi di Asia Tenggara. Hal tersebut berdampak terhadap perekonomian di seluruh dunia termasuk dalam industri ritel. Masyarakat dituntut untuk mengurangi kegiatan aktivitas di luar rumah yang membuat banyak bisnis ritel mengalami penurunan kunjungan dari pelanggan. Penelitian pada Tugas Akhir ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang tingkat loyalitas pelanggan Toserba Borma Cipamokolan pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai bentuk strategi yang dilakukan pemerintah untuk menghentikan penyebaran wabah COVID-19. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang disajikan menggunakan perhitungkan nilai maksimum, nilai minimum, mean dan standar deviasi. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara pra-penelitian yang tidak terstruktur dan penyebaran kuesioner (angket) terhadap 100 orang pelanggan Toserba Borma Cipamokolan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat loyalitas pelanggan di Toserba Borma Cipamokolan Kota Bandung berada pada kategori sedang. Dimensi yang berada pada kategori tinggi adalah dimensi melakukan pembelian ulang. Sedangkan dimensi yang termasuk dalam kategori rendah adalah dimensi “melakukan pembelian diluar lini produk. Dimensi selanjutnya yang berada pada kategori sedang adalah dimensi “mereferensikan kepada orang lain dan dimensi “menunjukkan kekebalan daya tarik pesaing. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebaiknya pihak Toserba Borma Cipamokolan memperketat penerapan protokol kesehatan agar pelanggan merasa aman dan nyaman ketika berbelanja. Selain itu, perlu adanya perhatian terhadap harga dan ketersediaan produk agar pelanggan tetap memilih Toserba Borma Cipamokolan sebagai tempat berbelanja.

Deskripsi Alternatif :

2020 is a year filled with lots of worries because of the COVID-19 pandemic that has attacked health in millions of people in the world. Indonesia is one of the countries with a large population affected by the pandemic outbreak and Indonesia being the highest case country in Southeast Asia. This has an impact on economies around the world, including in the retail industry. The public is required to reduce activities outside home, which causes many retail businesses to experience a decrease in visits from customers. This research has an aim of that to know the level of consumer loyalty of Toserba Borma Cipamokolan during the Large-Scale Social Restrictions which was imposed by the government to stop the spread of the COVID-19 outbreak. The method that used in this research is descriptive analysis method with a quantitative approach. The data presented uses is calculated using the maximum value, minimum value, mean and standard deviation. The techniques of data collection in this research were carried out by field observations, unstructured pre-research interviews and distributing questionnaires to 100 customers of the Borma Cipamokolan Department Store. The results of this research showed that the level of customer loyalty at Toserba Borma Cipamokolan Bandung was in the medium level. The dimension that is in the high level is the dimension of "repeat purchase". Meanwhile, the dimension included in the low level is the dimension of "making purchases outside the product line". The next dimension which was in the medium level are the dimension of "referalls" and the dimension "retentio". The suggestion given in this research are Toserba Borma Cipamokolan should tighten the implementationof health protocols so that customers feel safe and comfortable when the customers shopping. In addition, there needs to be attention to price and product availability so that customers continue to choose Toserba Borma Cipamokolan as a place to shop.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Maya Setiawardani, M.Pd., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...