Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2014

Analisis Kualitas Pelayanan di Saung Angklung, Bandung

The Analysis of Service Quality in Saung Angklung Udjo, Bandung

Tugas Akhir, 017 / 2014 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-03 14:58:25
Oleh : Siti Annisa Nur Fauziah Putri - 115221032 (nfpannisa@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-03, dengan 4 file

Keyword : kualitas pelayanan, lima dimensi kualitas pelayanan, Saung Angklung Udjo
Subjek : service quality, five dimension of service quality, Saung Angklung Udjo

Bandung merupakan salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Bandung memiliki berbagai jenis wisata yang sangat diminati para wisatawan. Saung Angklung Udjo merupakan salah satu objek wisata di Bandung yang telah dikenal oleh wisatawan dalam negeri dan luar negeri. Alat musik, kesenian, dan pengenalan budaya merupakan produk dan jasa yang menjadi andalan objek wisata tersebut. Saung Angklung Udjo memusatkan perhatiannya terhadap produk yang ditawarkan, serta kualitas pelayanan yang diberikan. Wisatawan dalam negeri dan luar negeri yang berkunjung, menjadi fenomena yang perlu di jadikan hal yang fundamental dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Hal tersebut menjadi perhatian penulis untuk meneliti kualitas pelayanan di objek wisata Saung Angklung Udjo berdasarkan lima dimensi sebagai penentu kualitas pelayanan, yaitu reliability (reliabilitas), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), tangible (bukti fisik). Teknik yang di ambil dalam penelitian dilakukan dengan teknik accidental random sampling dengan skala pengukuran likert. Analisis dari penelitian ini menggunakan Program SPSS 13.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan keseluruhan dimensi pada kualitas pelayanan di Saung Angklung Udjo rata-rata yang berada pada kriteria baik sebesar 73,5%, akan tetapi skor pada indikator responsiveness masih dinilai pada kriteria cukup. Kata kunci: kualitas pelayanan, lima dimensi kualitas pelayanan, Saung Angklung Udjo.

Deskripsi Alternatif :

Bandung is one of the tourism town which visited many of tourist, such as domestic tourist and also international tourist. Bandung has various type of tourism which is very enthused all tourist. Saung Angklung Udjo represent one of tourism object in Bandung which have been recognized by overseas and domestic tourist. Music Instrument, artistry, and recognition of culture represent service and product becoming object pledge of tourism. Saung Angklung Udjo give all mind to its product which on the market, and also the quality of given service. overseas and domestic tourist which pay a visit, becoming phenomenon which is making important matter in improving the quality of service. That become attention of writer to research about the quality of service in Saung Angklung Udjo according five dimension as determinant of service quality, that is reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible. Technique which in taking the research conducted with technique of accidental random sampling with scale measurement of likert. Analyse from this research use Program SPSS 13.0 for windows. Result from this research indicated overall of dimension at quality of service in Saung Angklung Udjo mean residing in at good criterion equal to 73,5%, however score at indicator of responsiveness still assessed by criterion almost good. Keywords: service quality, five dimension of service quality, Saung Angklung Udjo.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Santosa Sanjaya, M.M.S., Editor: Erlin Arvelina

Download...