Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Politeknik Negeri Bandung
Factor Analysis of Service Quality Bandung State Polytechnic Digital Library
Tugas Akhir, 054 / 2020 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-04-05 09:48:05
Oleh : Siti Mukaromah - 175211059 (siti.mukaromah.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-04-05, dengan 4 file
Keyword : Digital library, service quality, factor analysis
Subjek : Perpustakaan Digital, Kualitas Pelayanan, Analisis Faktor
Politeknik Negeri Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki layanan perpustakaan digital yaitu digilib.polban.ac.id. Penggukuran kualitas pelayanan perpustakaan digital harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana layanan perpustakaan digital dapat diterima oleh pengguna. Penelitian ini menggunakan dua teori yaitu webqual (kualitas website) dan libqual (kualitas perpustakan) untuk saling melengkapi dalam mengukur kualitas pelayanan perpustakaan digital berdasarkan fenomena dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor dan statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna perpustakaan digital Politeknik Negeri Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kualitas perpustakaan digital Politeknik Negeri Bandung dengan menggunakan 2 teori yaitu webqual dan libqual yang nantinya akan menghasilkan faktor-faktor untuk digunakan dalam mengukur kualitas perpustakaan digital. Hasil dari analisis faktor menghasilkan 7 faktor kualitas pelayanan perpustakaan digital diantaranya: Keandalan (Reliability), Tampilan website (Design Website), Informasi yang jelas (Clear Information), Kemudahan penggunaan (Usability), Ketanggapan (Responsiveness), Komunikasi (Communication), dan Keamanan (Security). Sedangkan hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan digital Politeknik Negeri Bandung ââ¬ÅCukup Baik. Faktor yang memiliki nilai rata-rata tertinggi adalah informasi yang jelas (Clear information) dalam kategori baik dan faktor yang memiliki nilai rata-rata terendah adalah keandalan (reliability) dalam kategori cukup baik. Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan digital adalah dengan membangun koleksi digital terbaru dan terlengkap, membangun informasi yang berkualits, membuat tampilan perpustakaan digital menarik, memperbaiki komunikasi dan memberikan kemudahan penggunaan.
Deskripsi Alternatif :Bandung State Polytechnic is one of the universities that has digital library services namely digilib.polban.ac.id. The quality of digital library service needs to be done to know the extent to which digital library services can be accepted by users. This study used two theories namely webqual (website quality) and libqual (library quality) to complement each other in measuring the quality of digital library services based on the phenomenon in this study. This research is quantitative research using factor analysis and descriptive statistics. The population in this study is a user of the Bandung State Polytechnic digital library. The sampling technique used is a random sampling technique. The purpose of this research is to measure the quality of bandung polytechnic digital library by using 2 theories namely webqual and libqual which will later produce factors for use in measuring the quality of digital libraries. The result of the factor analysis resulted in 7 factors of the quality of the digital library services including: reliability, design website, clear information, usability, responsiveness, communication, and security. While the results of descriptive statistics showed that the quality of digital library services Bandung State Polytechnic "good enough". The factor that has the highest average value is clear information in the category well and the factor that has the lowest average value is reliability in the category quite well. The effort to improve the quality of the digital library service is to build the latest and most complete digital collection, build information that is qualified, create a compelling digital library look, improve communication and provide usability.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Ira Siti Sarah, S.ST., MBA., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 175211059.pdf
(940157 bytes)
File : BAB 1 - 175211059.pdf
(462372 bytes)
File : BAB 2 - 175211059.pdf
(639903 bytes)
File : BAB 5 - 175211059.pdf
(322818 bytes)