Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Akuntansi > Program Studi Akuntansi > 2017

Penentuan Harga Jual Produk Teh Celup Goalpara Menggunakan Metode Cost Plus Pricing pada Industri Hilir Teh (IHT) PT Perkebunan Nusantara VIII

Determination of Selling Price of Teabag Goalpara Product Using Cost Plus Pricing Method in Industri Hilir Teh (IHT) PT Perkebunan Nusantara VIII

Tugas Akhir, 022 / 2017 / AKU
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-01-23 08:26:04
Oleh : Siti Nurviasari - 145111028 (sitinurviasari@gmail.com)
Dibuat : 2018-01-23, dengan 4 file

Keyword : Harga jual, variable costing, metode cost plus pricing
Subjek : selling price, variable costing, methods of cost plus pricing

Perusahaan selalu berusaha semaksimal mungkin agar perusahaan dapat memperoleh laba untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya bahkan dapat membuat usahanya lebih maju dan berkembang. Salah satu cara yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk mencapai laba yang diharapkan adalah dengan menetapkan harga jual. Penetapan harga jual merupakan salah satu jenis pengambilan keputusan manajemen yang penting. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan harga jual pada produk teh celup goalpara dus 25's menggunakan metode cost plus pricing yang akan berdampak pada laba yang didapatkan dan memungkinkan perusahaan untuk berkembang dan bertahan dalam persaingan usaha yang cukup ketat. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan harga jual menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan variable costing maka harga jual yang diperoleh untuk produk teh celup goalpara dus 25's adalah sebesar Rp. 1.750, lebih rendah dibandingkan dengan harga jual yang ditentukan oleh perusahaan Industri Hilir teh (IHT) PT Perkebunan Nusantara VII yaitu sebesar Rp. 5.400 dengan selisih sebesar Rp. 3.650. Penyebab tingginya harga yang ditentukan adalah pembebanan biaya-biaya yang terlalu besar sehingga sebaiknya diupayakan biaya-biaya tersebut diminimalisir agar tidak semakin memangkas biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berimbas pada laba perusahaan. Perusahaan sebaiknya memakai metode cost plus pricing dengan pendekatan variable costing dalam menentukan harga jual, karena metode ini harga jualnya lebih rendah dibandingkan dengan metode yang telah dipakai perusahaan sebelumnya. Sehingga harga jual yang dicapai perusahaan bisa bersaing dengan produk sejenis yang ada di pasaran. Kata kunci: Harga jual, variable costing, metode cost plus pricing.

Deskripsi Alternatif :

The company always try everything possible so that the company can earn a profit to sustain his survival can even make his business more advanced and developed. One way that's done by the management of the company to achieve the expected profit is by setting the selling price. The fixing of the selling price is one of the types of management decision making. The purpose of the research was to determine the selling price on the product teabag goalpara dus 25's using the method of cost plus pricing that will have an impact on profit gained and allowed the company to flourish and survive the competition tight enough effort. This research used the qualitative and quantitative data. The results showed the calculation of sale price using the method of cost plus pricing with the variable costing approach then the selling price obtained for teabag goalpara dus 25's were Rp. 1.750, lower than the selling price specified by the Industri Hilir Teh (IHT) PT Perkebunan Nusantara VIII company amounting to Rp. 5.400 with difference of Rp. 3.650. The cause of the high price that is specified is the imposition of fees that are too big so should have these costs are minimized to avoid getting slashed the costs incurred by companies that promoted the company's profit. Companies should use the method of cost plus pricing with the variable costing approach in determining the sale price, because this method of selling price lower than the method that had been used the previous company. So the company achieved selling price can compete with similar products exist on the market. Keywords: selling price, variable costing, methods of cost plus pricing.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Dian Imanina Burhany, S.E., M.Si.Ak., Editor: Erlin Arvelina

Download...