Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2017

Promosi Koran digital Pikiran Rakyat Melalui Media Sosial

Promotion Pikiran Rakyat's Epaper Use Social Media

Tugas Akhir, 050 / 2017 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-01-26 15:17:45
Oleh : Siti Sayidah - 145231059 (sitibagas@gmail.com)
Dibuat : 2018-01-15, dengan 4 file

Keyword : Koran Digital, Promosi, Awareness, Media Sosial, AIDA Model
Subjek : Digital newspaper, Promotion, Brand Awareness, Social Media, AIDA Model

Teknologi yang semakin cepat berkembang menuntut para perusahaan harus mampu menyeimbangi setiap perubahan yang ada. Khususnya pada bidang surat kabar, banyak media yang di gunakan untuk menyebar luaskan informasi penting. Maka koran digital (e-paper) hadir untuk mengimbangi teknologi tersebut. Pikiran Rakyat adalah salah satu perusahaan dalam bidang surat kabar yang telah memiliki koran digital yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas. Namun, lemahnya kesadaran akan koran digital ini mempengaruhi jumlah penggunjung koran digital pada Pikiran Rakyat. Dengan melakukan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode focus group discussion dan wawancara mendalam yang diikuti oleh beberapa partisipan. Dari hasil focus group discussion serta penelitian terdahulu, melakukan kegiatan promosi pada media sosial yaitu Facebook. Berdasarkan AIDA model yang digunakan memunculkan strategi dalam promosi sehingga terciptanya kesadaran (Awareness) terhadap koran digital Pikiran Rakyat. Hasil proyek yang dilakukan menggunakan promosi melalui media sosial Facebook akan meningkatkan kesadaran koran digital sehingga bertambahnya jumlah pengunjung koran digital Pikiran Rakyat. Kata kunci: Koran Digital, Promosi, Awareness, Media Sosial, AIDA Model.

Deskripsi Alternatif :

Nowdays technology develops faster and fosters companies to able adjust other companies. Especially in newspaper industry, many medias are used for dissemaniting important information. So, digital newspaper (e-paper) exists to adjust that technology. Pikiran rakyat is one of company in newspaper industry that already have digital newspaper that has goal for sharing information to citizen. However, less awareness about digital newspaper influences amount of digital newspaper user in Pikiran Rakyat. By using qualitative approach, focus group method and in depth interview that followed by several participants. Focus groups discussion's result is doing promotion activity on social media is facebook. According to AIDA model that was used in promotion strategt to create brand awareness of pikiran rakyat's epaper. Project's result that used for promoting through facebook would increase epaper awareness that affect amount of pikiran rakyat's epaper user. Keywords: Digital newspaper, Promotion, Brand Awareness, Social Media, AIDA Model.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Gundur Leo, S.Si., M.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...