Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021
Analisis Kepuasan Konsumen Tokopedia di Kota Bandung
Tokopedia Customer Satisfaction Analysis in Bandung City
Tugas Akhir, 054 / 2021 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 12:58:09
Oleh : Sophian Nawawi - 185211060 (sophian.nawawi.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file
Keyword : Kepuasan Konsumen, Tokopedia, Kesesuaian Akan Harapan, Minat Untuk Berkunjung Kembali, Kesediaan Untuk Merekomendasi
Subjek : Consumer Satisfaction, Tokopedia, Conformity of Expectations, Interest to Visit Again, Willingness to Recommend
Tokopedia adalah salah satu website e-commerce Indonesia, persaingan antar perusahaan e-commerce Indonesia bisa dikatakan sangat ketat. Berdasarkan data yang di dapatkan bahwa Tokopedia pernah mengalami penurunan pengunjung yang sangat besar yaitu sebesar 53%, namun hanya dengan beberapa bulan, jumlah pengunjung Tokopedia mengalami peningkatan kembali, walaupun tidak signifikan. Tokopedia mampu menjadi nomor satu dalam pengunjung web bulanan pada kuartal (Q1) tahun 2021. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu apakah Tokopedia telah memberikan daya tarik kepada konsumennya sehingga dapat menimbulkan kepuasan pada setiap konsumennya karena kesesuaian dengan apa yang diharapkan atau ekspektasi dari setiap konsumen, sehingga konsumen memiliki minat untuk berkunjung kembali dan merekomendasikan kepada teman atau kerabat mereka. Penelitian ini dilakukan kepada pengguna Tokopedia di Kota Bandung dengan menggunakan sampel sebanyak 117 responden dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui penyebaran kuesioner yang di sebar secara online. Pengolahan data didalam penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 24. Variabel penelitian didalam penelitian ini yaitu kepuasan konsumen dan dikembangkan menjadi 3 dimensi yaitu dimensi kesesuaian akan harapan, dimensi minat untuk berkunjung kembali, dan kesediaan untuk merekomendasi. Metode analisis penelitian yang digunakan yaitu mean dan koefisien variance. Berdasarkan hasil analisis, kepuasan konsumen terhadap Tokopedia berada pada tingkat penilaian yang "baik", namun masih ada persepsi konsumen yang masih beragam terhadap dimensi dan indikator. Dimensi yang paling berperan dalam kepuasan konsumen yaitu dimensi minat untuk berkunjung kembali, sedangkan dimensi yang memerlukan perbaikan dan evaluasi yaitu dimensi kesediaan untuk merekomendasi karena pendapat konsumen masih beragam. Secara keseluruhan dimensi yang ada dalam variabel kepuasan konsumen pada Tokopedia berkategori "baik". Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Tokopedia, Kesesuaian Akan Harapan, Minat Untuk Berkunjung Kembali, Kesediaan Untuk Merekomendasi.
Deskripsi Alternatif :Tokopedia is one of the Indonesian e-commerce websites, the competition between Indonesian e-commerce companies can be said to be very tight. Based on the data obtained that Tokopedia had experienced a very large decrease in visitors, namely by 53%, but in just a few months, the number of Tokopedia visitors had increased again, although not significantly. Tokopedia is able to become number one in monthly web visitors in the quarter (Q1) of 2021. This research was conducted to find out whether Tokopedia has attracted consumers so that it can lead to satisfaction for every consumer because it is in accordance with what is expected or expected from each consumer, so that consumers have an interest in revisiting and recommending to their friends or relatives. This research was conducted on Tokopedia users in the city of Bandung using a sample of 117 respondents using quantitative descriptive methods through the distribution of questionnaires distributed online. The data processing in this study uses the IBM SPSS Statistic 24 application. The research variable in this study is customer satisfaction and is developed into 3 dimensions, namely the dimension of conformity to expectations, the dimension of interest in revisiting, and willingness to recommend. The research analysis method used is the mean and coefficient of variance. Based on the results of the analysis, consumer satisfaction with the Tokopedia application is at a "good" rating level, but there are still various consumer perceptions of the dimensions and indicators. The dimension that plays the most role in consumer satisfaction is the dimension of interest in revisiting, while the dimension that requires improvement and evaluation is the dimension of willingness to recommend because consumer opinions are still diverse. Overall, the dimensions in the consumer satisfaction variable in the Tokopedia application are categorized as "good". Keywords: Consumer Satisfaction, Tokopedia, Conformity of Expectations, Interest to Visit Again, Willingness to Recommend.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Dra. Koernia Purwihartuti, M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 185211060.pdf
(735151 bytes)
File : BAB 1 - 185211060.pdf
(816928 bytes)
File : BAB 2 - 185211060.pdf
(754045 bytes)
File : BAB 5 - 185211060.pdf
(238567 bytes)