Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2017 > NON-REGULER
Perancangan Tata Ruang Kantor pada Subbagian TU Pimpinan dan Kepegawaian SETDA Pemerintah Kota Cimahi
Designing Office Layout in Sub-division TU Pimpinan and Kepegawaian SETDA Pemerintah Kota Cimahi
Tugas Akhir, 024 / 2017 / ABS-SIAKUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-02-23 14:43:05
Oleh : Sri Rejeki - 145213027 (sri.rejeki.abs14@polban.ac.id)
Dibuat : 2018-02-23, dengan 4 file
Keyword : Tata Ruang Kantor, Lingkungan Fisik Kantor
Subjek : Office Layout, Physical Environment Office
Tata ruang kantor adalah pengaturan ruangan kantor serta penyusunan alat-alat dan perabotan kantor pada luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia untuk memberikan sarana bagi pekerja. Selain tata ruang kantor yang baik, hal lain yang harus diperhatikan adalah lingkungan fisik kantor. Faktor lingkungan fisik kantor yang baik dapat mengurangi salah satu penyebab menurunnya produktivitas kerja pegawai dan sekaligus meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Faktor lingkungan fisik yang dimaksud meliputi pencahayaan, warna, suara dan udara. Tata ruang kantor Subbagian TU Pimpinan dan Kepegawaian Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Cimahi belum tertata dengan baik, karena belum memenuhi azas jarak terpendek, azas rangkaian kerja dan penggunaan segenap ruang. Hal ini diketahui setelah melakukan observasi dan wawancara dengan pegawai Subbagian TU Pimpinan dan Kepegawaian. Sebagian besar mengeluhkan kurang bahkan tidak nyaman dengan tata ruang yang ada saat ini. Hasil penataan ulang yang dilakukan adalah mengubah letak ruangan Subbagian TU Pimpinan dan Kepegawaian Pemerintah Daerah Kota Cimahi , mengubah letak meja kerja dan peralatan kantor, serta menambahkan perlengkapan lain yang dibutuhkan. Sebagai-pelengkap-dari-hasil-rancangan-adalah-membuat-maket atau miniatur tata ruang kantor yang=baru sesuai=dengan kebutuhan serta azas tata ruang kantor dan penataan lingkungan fisik yang baik. Hasil rancangan diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi pada Subbagian TU Pimpinan dan Kepegawaian Secretariat Daerah Pemerintah Kota Cimahi sehingga efektifitas dan efisiensi kerja pegawai meningkat. Kata Kunci: Tata Ruang Kantor, Lingkungan Fisik Kantor.
Deskripsi Alternatif :Office layout is the arrangement of office space as well as the preparation of office tools and furnishings on floor space and office space available to provide facilities for workers. In addition to good office layout, another thing to watch out for is the physical environment of the office. Good physical office environment factors can reduce one of the causes of decreased employee productivity and at the same time improve comfort in work. Physical environment factors include lighting, color, sound and air. Office layout Sub-division TU Pimpinan and Kepegawaian SETDA Government of Cimahi city has not been well ordered, because it has not met the shortest distance of the principle, the series of work and the use of space. This is known after making observations and interviews with employees of TU Pimpinan and Kepegawaian. Most complain about the less even uncomfortable with the existing spatial. The result of rearrangement is to change the location of the Sub-division TU Pimpinan and Kepegawaian SETDA Government of Cimahi city, change the location of work desk and office equipment, and add other needed equipment. As a complement of the results of the design is to create a maket or miniature of new spatial knator in accordance with the needs and principles of office layout and the arrangement of a good physical environment. The results of the draft is expected to help overcome the problems that occur in the Sub-division Sub-division TU Pimpinan and Kepegawaian SETDA Government of Cimahi city so that the effectiveness and efficiency of employees increased. Keywords: Office Layout, Physical Environment Office.
Beri Komentar ?#(1) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Sri Surjani Tjahjawati, M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 145213027.pdf
(415081 bytes)
File : BAB 1 - 145213027.pdf
(292301 bytes)
File : BAB 2 - 145213027.pdf
(666845 bytes)
File : BAB 5 - 145213027.pdf
(675950 bytes)