Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Kualitas Pelayanan OVO Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Masyarakat Pengguna Aplikasi OVO di Kota Bandung)

Analysis Of The Quality OVO Services During The Covid-19 Pandemic (Studies on Community Users of OVO Application in Bandung City)

Tugas Akhir, 027 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-29 13:51:07
Oleh : Tasya Febriany Wahyudi - 175211030 (tasyafebriany000@gmail.com)
Dibuat : 2022-03-29, dengan 4 file

Keyword : OVO, Pandemic, Service, Quality
Subjek : OVO, Pandemi, Pelayanan, Kualitas

Pada Desember 2019 kasus pneumonia baru atau COVID-19 dilaporkan pertama kali di Wuhan, Provinsi Hubei China. Dalam jangka waktu yang singkat, penyakit ini menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Menurut studi yang dilakukan di Singapura transmisi dari manusia ke manusia merupakan faktor terbesar, namun penyakit ini juga dapat menular melalui benda mati termasuk uang tunai. Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan agar masyarakat menjaga jarak sosial dan bertransaksi secara non tunai. Berdasarkan data statistik, jumlah transaksi digital meningkat sejak tiga tahun terakhir. Semakin banyak perusahaan yang meluncurkan aplikasi dompet digital termasuk OVO. Namun dari sekian banyak keuntungan yang didapatkan, jumlah pengguna apliaksi OVO masih dibawah GoPay yang menyerap lebih dari setelangh populasi pengguna dompet digital. Hal ini dikarenakan berbagai keluhan yang disampaikan oleh pengguna aplikasi tersebut diantaranya saat ada kendala terdapat kesulitan untuk berkomunikasi dengan pihak OVO. Selain itu, transaksi terhambat dengan kendala Top Up yang sering bermasalah maka mengharuskan konsumen mendatangi OVO Booth, dan sering terdapat kendala yang tidak terselesaikan saat menggunakan aplikasi. Penelitian ini menganalisis mengenai kualitas pelayanan OVO. Kualitas pelayanan ini menggunakan dimensi tangible, reability, responsiveness, assurance dan empathy, serta mengetahui dimensi mana yang paling tinggi dan paling rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kusioner kepada 100 responden. Hasil menunjukkan secara keseluruhan kualitas pelayanan OVO sudah baik dilihat dari dimensi tangible, reability, responsiveness, assurance dan empathy namun ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan. Dimensi yang paling tinggi nilainya yaitu tangible dan dimensi yang paling rendah nilainya yaitu empathy.

Deskripsi Alternatif :

In In December 2019, a new pneumonia case or COVID-19 was first reported in Wuhan, China\'s Hubei Province. In a short period of time, this disease spread throughout the world including Indonesia. According to a study conducted in Singapore, human-to-human transmission is the biggest factor, but the disease can also be transmitted through inanimate objects including cash. The Indonesian government took a policy so that people maintain social distancing and make non- cash transactions. Based on statistical data, the number of digital transactions has increased since the last three years. More and more companies are launching digital wallet applications including OVO. However, of the many benefits obtained, the number of OVO application users is still below GoPay, which absorbs more than half of the population of digital wallet users. This is because various complaints submitted by users of the application, including when there are obstacles, there are difficulties in communicating with the OVO. In addition, transactions are hampered by frequent problems with Top Up, requiring consumers to come to the OVO Booth, and there are often problems that are not resolved when using the application. This study analyzes the quality of OVO services. This service quality uses the dimensions of tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy, as well as knowing which dimensions are the highest and which are the lowest. The method used in this research is descriptive quantitative, data collection techniques by distributing questionnaires to 100 respondents. The results show that overall the quality of OVO services is good in terms of tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy dimensions, but there are several indicators that need attention. The dimension with the highest value was tangible and the dimension with the lowest value was empathy

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...