Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021
Analisis Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Akun Instagram @oclo.official)
Analysis The Effectiveness Of Instagram Social Media As A Promotional Media (Study of Instagram Account @oclo.official)
Tugas Akhir, 030 / 2021 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-18 14:07:01
Oleh : Tiana Chandra Purnama - 185211031 (tiana.chandra.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-18, dengan 4 file
Keyword : AIDA, Efektivitas Promosi, Instagram, Media Sosial, Oclo Official
Subjek : AIDA, Promotion Effectiveness, Instagram, Social Media, Oclo Official
Perkembangan teknologi pada saat ini berdampak besar bagi kemunculan media sosial sebagai hasil dari berkembangnya teknologi komunikasi. Kemunculan media sosial menyebabkan perubahan pola hidup di masyarakat dimana masyarakan dituntut lebih aktif di media sosial agar tetap up to date. Media sosial dengan jumlah pengguna yang tinggi salah satunya adalah instagram. Banyaknya jumlah pengguna instagram menjadi peluang yang sangat besar bagi para pelaku bisnis untuk melakukan promosi terlebih pada saat ini media promosi konvensional sudah mengalami penurunan. Salah satu bidang industri yang memanfaatkan bentuk komunikasi pemasaran melalui media sosial instagram adalah fashion. Oclo Official merupakan salah satu brand lokal penyedia berbagai macam jenis pakaian wanita yang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, didukung dengan jumlah pengikut di akun instagram sebanyak 1,6 juta diperlukan analisis mengenai efektivitas promosi yang dilaksanakan oleh Oclo Official di media sosial instagram guna mendukung perkembangan bisnis yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana efektivitas media sosial sebagai media promosi brand Oclo Official ditinjau dari dimensi Attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA). Pada penelitian ini digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan hasil analisisnya berupa perhitungan mean, standar deviasi, nilai maksimum dan minimun. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dimana kriteria samplenya adalah pengikut aktif akun media sosial instagram @oclo.official. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form dengan responden sebanyak 120 orang. Dari penelitian ini dihasilkan kesimpulan bahwa efektivitas media sosial instagram sebagai media promosi brand Oclo Official tergolong dalam kategori sangat baik. Dimensi yang mendapat nilai tertinggi yaitu dimensi desire, sedangkan dimensi yang mendapat nilai terendah yaitu dimensi action. Dari masing-masing dimensi terdapat indikator yang perlu ditingkatkan yaitu pesan yang disampaikan, frekuensi penayangan iklan, keyakinan membeli produk dan kecenderungan melakukan pembelian. Kata Kunci: AIDA, Efektivitas Promosi, Instagram, Media Sosial, Oclo Official.
Deskripsi Alternatif :Technological developments at this time have a major impact on the emergence of social media as a result of the development of communication technology. The emergence of social media causes changes in lifestyle in society where people are required to be more active on social media to stay up to date. One of the social media with a high number of users is Instagram. The large number of Instagram users is a very big opportunity for business people to do promotions, especially at this time conventional promotional media have decreased. One of the industrial fields that utilizes the form of marketing communication through social media Instagram is fashion. Oclo Official is a local brand that provides various types of women's clothing that uses social media as a promotional media, supported by the number of followers on Instagram accounts of 1.6 million, an analysis of the effectiveness of promotions carried out by Oclo Official on Instagram social media is needed to support sustainable business development. The purpose of this study is to find out how the effectiveness of social media as a promotional medium for the Oclo Official brandin terms of Attention, Interest, Desire, and Action (AIDA) dimensions. In this study, quantitative descriptive analysis was used with the results of the analysis in the form of calculating the mean, standard deviation, maximum and minimum values. Sampling used a non-probability sampling technique with a purposive sampling method where the sample criteria were active followers of the Instagram @oclo.official social media account. Data collection techniques using online questionnaires via google form with 120 respondents. From this research, it can be concluded that the effectiveness of Instagram social media as a promotional media for the Oclo Official brand is in the very good category. The dimension that gets the highest score is the dimension of desire, while the dimension that gets the lowest score is the dimension of action. From each dimension there are indicators that need to be improved, namely the message delivered, frequency of ad serving, product purchase confidence and propensity to make a purchase. Keywords: AIDA, Promotion Effectiveness, Instagram, Social Media, Oclo Official.
Beri Komentar ?#(22) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Tangguh Dwi Pramono, S.Kel., M.A., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 185211031.pdf
(621172 bytes)
File : BAB 1 - 185211031.pdf
(1254363 bytes)
File : BAB 2 - 185211031.pdf
(1513257 bytes)
File : BAB 5 - 185211031.pdf
(826972 bytes)