Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee dengan Adanya Promosi Gratis Ongkir (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Bandung)

Analysis Of Consumer Buying Interest in E-Commerce Shopee with Free Shipping Promotion (Study on Consumer Shopee in Bandung City)

Tugas Akhir, 031 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 11:37:33
Oleh : Turfa Najmi Sadikin - 185211032 (turfa.najmi.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file

Keyword : E-commerce, Minat Beli, Promosi Gratis Ongkir
Subjek : E-commerce, Buying Interest, Free Shipping Promotion

Perkembangan internet yang begitu pesat sudah banyak mengubah berbagai bidang kehidupan, baik bidang sosial, pendidikan, ekonomi hingga bisnis. Pemanfaatan internet dalam bidang bisnis yaitu penerapan e-commerce. E-commerce merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan secara digital. Saat ini pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin besar dan cepat. Hal itu menyebabkan munculnya e-commerce yang menawarkan keuntungan dan kemudahan yang beragam. Shopee termasuk e-commerce populer di Indonesia yang berfokus pada platform mobile sehingga orang akan bisa bertransaksi secara langsung. Agar dapat menarik minat beli konsumen dan menekan persaingan dengan kompetitor yang lain, Shopee hadir dengan memberikan berbagai promosi yang menarik. Salah satunya yaitu promosi gratis ongkir. Promosi gratis ongkir di Shopee terdapat ketentuan dan syarat dalam penggunaanya. dari uraian diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli konsumen pada e-commerce Shopee dengan adanya promosi gratis ongkir di Kota Bandung. Minat beli konsumen diukur dengan menggunakan empat dimensi yang meliputi minat transaksional, minat referensial, minat preferensial dan minat eksploratif. Pada penelitian ini metode yang pakai adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 220 orang responden yang merupakan pengguna e-commerce Shopee di Kota Bandung yang pernah melakukan pembelian. Teknik dalam mengambil sampel pada penelitian ini yaitu non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner melalui google form yang disebarkan langsung kepada responden. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat minat beli konsumen pada e-commerce Shopee dengan adanya promo gratis ongkir di Kota Bandung berada dalam kategori tinggi yang berarti banyak konsumen yang tertarik untuk berbelanja menggunakan e-commerce Shopee karena adanya promo gratis ongkir. Hasil statistik juga menunjukkan bahwa dimensi dengan nilai mean tertinggi yaitu dimensi minat transaksional dan untuk dimensi dengan nilai mean paling rendah yaitu minat referensial. Kata kunci: E-commerce, Minat Beli, Promosi Gratis Ongkir.

Deskripsi Alternatif :

The development of the internet has changes many areas like in social, educational, economic and business. One of internet uses in business sector is the application of e-commerce. E-commerce is a digital buying and selling activity. The growth of e-commerce in Indonesia is getting bigger and faster. Those effected to e-commerce that offers various advantages and conveniences. Shopee is a popular e-commerce platform in Indonesia that focuses on mobile platforms, so user can transact directly. In order to attract buying interest and suppress with competitors, Shopee provide various attractive promotions. One of promotion is the free shipping with terms and conditions before user can use that promotion. Based on that description, the research aims is to determine consumer buying interest in e-commerce Shopee with the promotion of free shipping in Bandung. Consumer buying interest is measured using four dimensions that is transactional interest, referential interest, preferential interest and exploratory interest. This research using descriptive analysis method with a quantitative approach involving 220 respondents who are Shopee e-commerce users in the city of Bandung who have made purchases. The technique for taking samples in this research is non-probability sampling with purposive sampling method. The data collection technique applied in this research is by distributing questionnaires through google forms which are distributed directly to respondents. Based on the results of statistical calculations obtained from this research, it shows that the level of consumer buying interest in Shopee e-commerce with the free shipping promo in Bandung is in the high category, which means that many consumers are interested in shopping using Shopee e-commerce because of the free shipping promo. Statistical results also show that the dimension with the highest mean value is the dimension of transactional interest and the dimension with the lowest mean value is referential interest. Keywords: E-commerce, Buying Interest, Free Shipping Promotion.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Tangguh Dwi Pramono, S.Kel., M.A., Editor: Erlin Arvelina

Download...