Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Analisis Kualitas Pelayanan Elektronik Pada E-Commerce (Studi Pada Pengguna Elevenia di Bandung)
Analysis of Electronic Service Quality in E-Commerce (Study User of Elevenia in Bandung)
Tugas Akhir, 061 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 09:56:00
Oleh : Vida Septi Maulani - 165211063 (vida.septi.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file
Keyword : kualitas pelayanan elektronik, Elevenia, e-commerce
Subjek : electronic services quality, Elevenia, e-commerce
Munculnya penjualan elektronik (electronic commerce) merupakan salah satu dampak perkembangan teknologi pada kegiatan bisnis. Peningkatan jumlah pembeli online dari tahun 2016 hingga 2018 yaitu sebesar 2,3% dari jumlah populasi di Indonesia. Salah satu kegiatan e-commerce yaitu marketplace adalah website yang menjadi penghubung antara penjual dan pembeli secara online. Elevenia merupakan salah satu marketplace besar di Indonesia. Sejak tahun 2017 hingga 2019 jumlah pengunjung Elevenia mengalami penurunan yang drastis yaitu dari sebanyak 34.600.000 pengunjung hingga hanya 3.394.000 pengunjung per bulan dan peningkatan jumlah keluhan pada e-commerce sebesar 16%. Sebanyak 30% keluhan terhadap Elevenia mengenai gangguan sistem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan elektronik serta dimensi terbaik dan terburuk pada e-commerce Elevenia. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner dan data sekunder dari studi literatur. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna Elevenia di Bandung. Sampel yang diambil untuk penelitian ini yaitu pengguna Elevenia di Bandung yang pernah melakukan transaksi di Elevenia dan diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Metode uji untuk penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan elektronik di Elevenia termasuk kategori cukup. Dimensi compensation merupakan dimensi terbaik sedangkan dimensi reliability merupakan dimensi terburuk. Kata kunci: kualitas pelayanan elektronik, Elevenia, e-commerce.
Deskripsi Alternatif :The emergence of electronic sales (electronic commerce) is one of the effects of technological development on business activities. The increase in the number of online buyers from 2016 to 2018 is 2.3% of the population in Indonesia. One of the e-commerce activities, namely the marketplace, is a website that is a liaison between sellers and buyers online. Elevenia is one of the big marketplaces in Indonesia. From 2017 to 2019 the number of Elevenia visitors has dropped dramatically, from as many as 34,600,000 visitors to only 3,394,000 visitors per month and an increase in the number of complaints on e-commerce by 16%. As many as 30% of complaints against Elevenia regarding system disruption. The purpose of this study was to determine the quality of electronic services and the best and worst dimensions of Elevenia e-commerce. this research is a quantitative research using descriptive analysis method. The data in this study used primary data from questionnaires and secondary data from literature studies. The population in this study is Elevenia users in Bandung. The samples taken for this study were Elevenia users in Bandung who had made transactions at Elevenia and taken as many as 100 respondents. Data collection techniques by distributing questionnaires. The test method for this study is the validity test and reliability test. The results of this study show that the quality of electronic services at Elevenia is quite adequate. The compensation dimension is the best dimension while the reliability dimension is the worst dimension. Keywords: electronic services quality, Elevenia, e-commerce.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211063.pdf
(712718 bytes)
File : BAB 1 - 165211063.pdf
(265378 bytes)
File : BAB 2 - 165211063.pdf
(238649 bytes)
File : BAB 5 - 165211063.pdf
(169729 bytes)