Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Konversi Energi > Program Studi Teknologi Pembangkit Tenaga Listrik > 2017
Rancangan Sistem Pendingin Intake Manifold Untuk Mesin Diesel Tipe W-32 Kapasitas 5000 kW
The Design Of Intake Manifold Cooling System For Diesel Engine Type W-32 Capacity Of 5000 kW
Tugas Akhir, 024 / 2017 / TPTLUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:20
Oleh : Viqi Hidayat - 131724031 (viqihidayat@gmail.com)
Dibuat : 2017-12-08, dengan 4 file
Keyword : Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Fin Tube, udara masuk ke ruang bakar
Subjek : Diesel Power Plant, Fin Tube, Air intake to combustion chamber
Pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, daya yang dihasilkan dapat dipengaruhi oleh massa udara yang masuk ke ruang bakar karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesempurnaan hasil pembakaran. Saat temperatur udara menurun maka akan membuat densitas dari udara semakin meningkat sehingga massa udara yang masuk akan semakin banyak pada volume ruang yang konstan. Pada Tugas Akhir ini dilakukan perancangan sistem pendingin udara sebelum masuk ke ruang bakar dengan tujuan utama untuk meningkatkan daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel kapasitas 5 MW. Udara masuk ke ruang bakar ditentukan pada temperatur 59 â dengan laju massa udara sebesar 74762,77 lb/hr. Dari hasil perancangan sistem pendingin udara didapat dimensi pipa dengan material almunium berdiameter luar 0,75 inch BWG 10, panjang pipa 27,165 inch, jumlah pipa 37 buah dengan susunan triangular. Tinggi fin 0,25 inch dengan tebal 0,015 inch. Verifikasi hasil rancangan menggunakan ANSYS Fluent 18.0 menunjukan kemampuan pendinginan udara sampai dengan 59℉ sesuai dengan ketetapan awal perancangan. Penurunan tekanan udara pada sisi masuk yang terjadi akibat adanya sistem pendingin telah menenuhi kriteria di mana penurunan tekanan tidak melebihi 2 psi. Kata kunci: Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Fin Tube, udara masuk ke ruang bakar.
Deskripsi Alternatif :In Diesel Power Plant, The generated power can be affected by mass of air that enter the combustion chamber, also influence perfection of the combustion process. The lower temperature of air resulting higher density of air, while it's rising at a constant volume. In this final project, designing air cooling system before its entering the combustion chamber are held, the main purpose is to improve the generated power of a 5000 kW Diesel Power Plant. The temperature of air intake are set to 59℉ with 74762.77 lb/hr mass flow of air. The result of design process of air cooling system are varies, outer diameter of the pipe is 0.75 inch at 10 BWG, length of pipe is 27.165 inch, number of pipe at 37 unit with triangular arrangement. The height of fin is 0.25 inch and 0,015 inch width. ANSYS Fluent 18.0 are used in verification process, resulting air cooling system capability at air intake are adequate while the pressure drop is not exceeded 2 psi. Keywords: Diesel Power Plant, Fin Tube, Air intake to combustion chamber.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Arya Wulung, S.T., M.T.
Pembimbing 2: Sri Utami, S.ST., M.T., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 131724031.pdf
(1106536 bytes)
File : BAB 1 - 131724031.pdf
(416913 bytes)
File : BAB 2 - 131724031.pdf
(811818 bytes)
File : BAB 5 - 131724031.pdf
(573089 bytes)