Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Road Cafe Steak & Pasta
The Influence Of Product Innovation On Customer Satisfaction Of Road Cafe Steak & Pasta
Skripsi, 023 / 2020 / BAUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2021-05-25 10:45:31
Oleh : Vista Efanny Fillayata - 165254031 (vista.efanny98@gmail.com)
Dibuat : 2021-05-25, dengan 4 file
Keyword : inovasi, inovasi produk, kepuasan konsumen
Subjek : customer satisfaction, innovation, product innovation
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena bisnis dimana turunnya daya tarik konsumen atas produk yang dikonsumsinya sehingga mengakibatkan penurunan jumlah omzet bisnis setiap bulannya selama tiga bulan terakhir. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap kepuasan konsumen. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dengan melibatkan 115 responden secara acak yang telah mengonsumsi produk minimal 2 kali. Data diolah dan dianalisis melalui program SPSS 25. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Selain itu, data juga akan melalui berbagai uji seperti uji asumsi klasik, uji korelasi sederhana, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa inovasi produk dan kepuasan konsumen berada pada kategori tinggi. Y = 12,906 + 0,766 X merupakan hasil dari uji regresi linier sederhana yang diinterpretasikan sebagai apabila nilai inovasi produk meningkat sejumlah satu satuan, hal tersebut akan menimbulkan meningkatnya nilai kepuasan konsumen sejumlah 0,766 satuan. Koefisien determinasi membuktikan inovasi produk berkontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 49,2%. Penelitian ini menggunakan pendekatan klasik dan probabilistik pada uji hipotesis. Hasil yang diperoleh pendekatan klasik ialah 10,466 > 1,65845. Sedangkan, pendekatan probabilistik memperoleh nilai p-value sebesar 0,000 < nilai alpha (0,05). Kedua nilai yang diperoleh pada uji hipotesis mengindikasikan inovasi produk berpengaruh secara signifikan dan berdampak positif terhadap kepuasan konsumen. Dengan meningkatkan inovasi produk, kepuasan konsumen akan turut meningkat. Temuan pada penelitian ini mengindikasikan produk masih mudah untuk ditiru oleh para pesaing. Oleh karena itu, diharapkan bisnis dapat senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepuasan konsumen melalui inovasi produk guna memenangkan persaingan bisnis dewasa ini. Kata kunci: inovasi, inovasi produk, kepuasan konsumen.
Deskripsi Alternatif :This research was conducted based on a business phenomenon in which the decrease in consumer appeal for the products it consumed, causing a decrease in the number of business turnover every month for the last three months. Therefore, this study was conducted to analyze the effect of product innovation on consumer satisfaction. This research data collection using questionnaire technique that involves 115 random respondents who had consumed the product at least 2 times. Data were processed and analyzed through the SPSS 25 program. Data were analyzed through quantitative descriptive analysis. In addition, the data will also go through various tests such as the classic assumption test, simple correlation test, simple linear regression test, hypothesis test, and the coefficient of determination. The results of quantitative descriptive analysis show that product innovation and customer satisfaction are in the high category. Y = 12,906 + 0,766 X is the result of a simple linear regression test which is interpreted as if the value of product innovation increases by one unit, it will cause an increase in the value of customer satisfaction of 0.766 units. The coefficient of determination proves that product innovation contributes to customer satisfaction by 49.2%. This study uses a classical and probabilistic approach to hypothesis testing. The results obtained by the classical approach are 10.466> 1.65845. Meanwhile, the probabilistic approach obtains a p-value of 0,000
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 165254031.pdf
(1374694 bytes)
File : BAB 1 - 165254031.pdf
(197958 bytes)
File : BAB 2 - 165254031.pdf
(95446 bytes)
File : BAB 5 - 165254031.pdf
(38644 bytes)