Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Pengaruh Penerapan Biaya Parkir terhadap Minat Berbelanja Konsumen Minimarket Modern di Kota Bandung

The Effect of Parking Fee Implementation on Shopping Intention of Modern Minimarket Consumers in Bandung

Skripsi, 028 / 2021 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-05-12 16:23:15
Oleh : Wahid Purnama Akbar - 175254028 (wahid.purnama.abs417@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-05-12, dengan 4 file

Keyword : Biaya parkir minimarket, minat beli konsumen minimarket, minat berbelanja konsumen minimarket, minimarket Kota Bandung
Subjek : Minimarket parking fee, consumer purchase intention in minimarket, consumer shopping intention in minimarket, Bandung minimarket

Bisnis ritel di Indonesia berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah minimarket. Pada saat ini, minimarket sangat mudah ditemukan, terlebih di kota-kota besar seperti Kota Bandung. Minimarket-minimarket tersebut dikelola dengan baik dan modern, sehingga konsumen merasa nyaman ketika berbelanja. Dengan itu, banyak masyarakat yang menjadi terbiasa berbelanja kebutuhan hariannya di minimarket. Perkembangan minimarket yang pesat ini menimbulkan berbagai fenomena. Salah satunya keresahan sebagian konsumen yang timbul karena adanya biaya parkir yang dibebankan kepada konsumen yang membawa kendaraan bermotor ke minimarket. Keresahan itu timbul karena kinerja sang juru parkir atau tukang parkir yang buruk. Banyak konsumen yang merasa bahwa biaya parkir yang mereka keluarkan menjadi kurang terasa kebermanfaatannya. Tidak sedikit pula konsumen yang akhirnya memilih minimarket lain yang tidak ada tukang parkirnya ketika hendak berbelanja. Fenomena tersebut layak untuk dikaji atau diteliti, karena dengan demikian kita dapat mengetahui dampaknya pada bisnis minimarket itu sendiri. Penelitian yang berjudul "Pengaruh Penerapan Biaya Parkir terhadap Minat Berbelanja Konsumen Minimarket Modern di Kota Bandung" ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah data yang dipakai pada penelitian ini diambil dari 286 responden. Data didapat dengan cara menyebarkan kuisioner yang seluruh item pernyataannya telah lulus uji validitas dan reliabilitas. Data tersebut sudah lulus uji normalitas, linearitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menampilkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 36,1% dari variabel penerapan biaya parkir terhadap minat berbelanja.

Deskripsi Alternatif :

Retail business in Indonesia growing rapidly. One of them is a minimarket. At this time, minimarkets are very easy to find, especially in big cities such as Bandung. The minimarkets are well managed and modern, so consumers feel comfortable when shopping. With that, many people who become accustomed to shopping for their daily needs in minimarkets. This rapid development of minimarkets has caused many phenomena. One of them is an anxiety of some consumers arising from the parking fees charged to consumers who bring motor vehicles to the minimarket. The anxiety arises because of the poor performance of the parking lot or parking attendant. Many consumers feel that the parking costs they incur become useless. Not a few consumers who finally choose another minimarket that does not have a parking attendant when going shopping. This phenomenon deserves to be studied or researched, because then we can find out its impact ont the minimarket business itself. The research entitled "The Effect of The Application of Parking Fees on Shopping Intention of Modern Minimarket Consumers in Bandung" was conducted with quantitative descriptive methods. The amount of data used in the study was taken from 286 respondents. Data is obtained by spreading questionnaires whose entire statement item has passed the test of validity and reliability. The data has passed the tests of normality, linearity and heteroskedasticity. The results of this study showed that there was a significant and positive influence of 36.1% of the variable application of parking fees to shopping interests.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing, Dr. Harmon, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...