Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Permintaan Barang Gudang Ketika Storekeeper sedang Off di Hotel Santika Garut PT Grahawita Santika
The Development of Standard Operating Procedure (SOP) For Warehouse Goods Request When The Storekeeper is Off At Santika Garut Hotel PT Grahawita Santika
Tugas Akhir, 029 / 2020 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-29 14:09:25
Oleh : Wanda Fauzan Sarifudin - 175211032 (wanda.fauzan.abs17@polban.ac.id )
Dibuat : 2022-03-29, dengan 4 file
Keyword : Procedure, Standard, Warehouse Goods Demand.
Subjek : Prosedur, Standar, Permintaan Barang Gudang.
Perusahaan tentu memiliki peralatan kerja dan bahan baku yang digunakan untuk kegiatan operasional sehari-hari yang harus dikelola agar penggunaannya efektif dan efisien dalam mencapai tujuan dari perusahaan. Peralatan kerja dan bahan baku tersebut ditampung pada sebuah gudang sebelum digunakan oleh karyawan perusahaan. Karyawan yang membutuhkan barang dari gudang perlu mengisi formulir permintaan barang gudang terlebih dahulu. Permintaan barang gudang menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh seluruh karyawan Hotel Santika Garut PT Grahawita Santika. Terdapat permasalahan pada kegiatan permintaan barang gudang ketika storekeeper sedang off. Tidak adanya prosedur tertulis mengakibatkan storekeeper harus memberlakukan open store yaitu karyawan dapat mengambil barang sendiri dari gudang tanpa pemantauan yang berdampak sering ditemukan selisih jumlah fisik barang dengan catatan storekeeper atau terkadang karyawan memaksakan untuk tidak menggunakan barang atau bahan dalam pekerjaannya pada saat itu yang akan berdampak pada hasil kerjanya. Perlu dibuat prosedur tertulis sebagai upaya mengatasi masalah yang sering terjadi. Prosedur dibuat menggunakan flowchart bercabang dengan data yang didapat dari wawancara yang dilakukan pada storekeeper Hotel Santika Garut. Setelah adanya prosedur tertulis, karyawan menjadi paham langkah-langkah yang harus dilakukan ketika hendak melaksanakan kegiatan permintaan barang ketika storekeeper sedang off dan storekeeper tidak mengalami masalah dalam kegiatan inventory gudang.
Deskripsi Alternatif :The company certainly has equipment and raw materials used for daily operational activities that must be managed so that their use is effective and efficient in achieving the goals of the company. Work equipment and raw materials are accommodated in a warehouse before being used by employees. Employees who need goods from the warehouse need to fill out warehouse goods request form first. Demand for warehouse goods is a routine activity carried out by all employees on Hotel Santika Garut, PT Grahawita Santika. There is a problem that occurs in the demand for warehouse goods when the storekeeper is off. The absence of a procedure results in the storekeeper having to enforce an open store, where employees can take goods themselves from the warehouse without monitoring which results in frequent finding the difference in the quantity of items with the storekeeper's records or sometimes employees force not to use goods or materials in their work at that time which will have an impact on the results from his works. It is necessary to make procedure in an effort to solve the problems that often occur. The procedure is made using a branched flowchart with data obtained from interviewing storekeepers of Hotel Santika Garut. After having procedures, employees understand every step that must be taken when they want to carry out goods request activities when the storekeeper is off and the storekeeper doesn't experience problems in warehouse inventory activities.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Marwansyah, S.E., M.Si., Ph.D., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 175211032.pdf
(1138803 bytes)
File : BAB 1 - 175211032.pdf
(418669 bytes)
File : BAB 2 - 175211032.pdf
(721810 bytes)
File : BAB 5 - 175211032.pdf
(172219 bytes)