Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Analisis Citra Perusahaan PT PLN (Persero) (Survei Pada Pelanggan Kota Bandung)

Corporate Image Analysis Of PT PLN (Persero) (Customer Survey In Bandung)

Tugas Akhir, 030 / 2019 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 08:31:41
Oleh : Yulan Sari - 165211032 (yulansari88@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file

Keyword : citra, pelanggan, perusahaan
Subjek : customer, corporate, image

Penelitian ini didorong oleh banyaknya keluhan yang kerap disampaikan pelanggan PLN. Keluhan yang disampaikan cukup beragam dan pada umumnya mengenai kualitas listrik yang kurang baik. Oleh karena itu, diperlukan suatu analisis mengenai citra perusahaan PT PLN (Persero). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui citra perusahaan PT PLN (Persero) berdasarkan persepsi pelanggan di Kota Bandung serta mengetahui dimensi yang paling dominan dalam memengaruhi pembentukkan citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan untuk melakukan penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan ialah nonprobability sampling dengan purposive sampling sejumlah 150 responden. Instrumen penelitian yang digunakan ialah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, dan uji deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa citra perusahaan PT PLN (Persero) sudah berada dalam kategori baik. Dimensi yang termasuk ke dalam kategori baik ialah identitas perusahaan, kualitas fisik, dan kualitas interaktif. Sedangkan dimensi reputasi dan kualitas perusahaan berada pada kategori kurang baik. Melalui penelitian ini saran yang dapat diberikan kepada PT PLN (Persero) yaitu meningkatkan kualitas listrik, memperindah dekorasi kantor pelayanan sehingga tercipta suasana yang menyenangkan, serta meningkatkan kualitas layanan via telepon dan media sosial Kata kunci: citra, pelanggan, perusahaan.

Deskripsi Alternatif :

This research was driven by the number of complaints that were often delivered by PLN customers. The complaints submitted were quite diverse and in general it is about electricity quality that is not good. Therefore, an analysis of the corporate image of PT PLN (Persero) is needed. The purpose of this study is to know the corporate image of PT PLN (Persero) based on customer perceptions in the city of Bandung as well as knowing the most dominant dimensions in influencing the formation of corporate image. The research method used to conduct this research is descriptive research method with a quantitative approach. The sampling technique applied is nonprobability sampling with purposive sampling of 150 respondents. The research instrument used was a questionnaire. The data analysis method used to answer the identification problem of the research consisted of validity, reliability, and descriptive tests. The results of the study revealed that the corporate image dimensions of PT PLN (Persero) were in the good category. The dimensions included in good categories are corporate identity, physical quality, and interactive quality. While the dimensions of reputation and corporate quality are in the poor category. Through this research, suggestions can be given to PT PLN (Persero), namely to improve electricity quality, adorn the office decoration so as to create a pleasant atmosphere, and to improve the customer service via telephone and social media. Keywords: customer, corporate, image.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Harmon Chaniago, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...