Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Kondisi Faktor-faktor yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen di Toserba X Cabang Pahlawan

Condition of Consumer Loyalty Factors in Toserba X Pahlawan Branch

Tugas Akhir, 031 / 2019 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 08:33:37
Oleh : Yuni Ismawati Sepnadi - 165211033 (yuni.ismawati.abs16@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file

Keyword : loyalitas, konsumen, ritel
Subjek : loyalty, costumers, retail

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan seperti kualitas pelayanan, harga yang tidak sesuai, dan fasilitas yang kurang memadai yang dirasakan oleh konsumen Toserba X. Namun, banyaknya keluhan ini tidak terlalu memengaruhi loyalitas konsumen di Toserba X. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor loyalitas konsumen yang terpenuhi sehingga konsumen tetap loyal pada Toserba X cabang Pahlawan. Oleh karena itu, perlunya dilakukan suatu penelitian mengenai kondisi faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen guna menjadikan salah satu strategi dalam meningkatkan loyalitas konsumen di Toserba X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen di Toserba X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden dengan data sekunder dari wawancara dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian ini menggunakan dimensi yang disampaikan oleh Chayasoonthorn dan Suksa-ngiam (2011) diantaranya harga, lokasi, kualitas produk, store assortment, kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua faktor berada pada kondisi yang baik dalam memengaruhi loyalitas konsumen di Toserba X. Namun terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan kembali guna meningkatkan loyalitas konsumen di Toserba X. Kata kunci: loyalitas, konsumen, ritel.

Deskripsi Alternatif :

The research was motivated by the X Department Store consumer complaints such as service quality, inappropriate prices, and inadequate facilities. However, the number of complaints doesn't affect consumer loyalty at X Department Store. This is due to several consumer loyalty factors that are fulfilled so that consumers remain loyal to X Department Store. Therefore, the research about condition of factors that influence consumer loyalty need to be done to make a several strategies to increase consumer loyalty. This research aims to know condition of factors that affects consumer loyalty in X Department Store. Quantitative descriptive research methods were used in this study where the primary data in the form of questionnaire was distributed to 120 respondents with secondary data from interviews and observations. This research uses dimensions presented by Chayasoonthorn and Suksa-ngiam (2011) including prices, location, product quality, store assortment, service quality, and customer satisfaction. The data analysis method used are the validity test and reliability test. The results of this study indicate that all factors in good condition in influencing consumer loyalty at X Department Store. However, there are several factors that need to be considered in order to increase consumer loyalty in X Department Store. Keywords: loyalty, costumers, retail.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Harmon Chaniago, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...