Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2023

Pengaruh Relationship Marketing dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan Korporasi PT Telkom Regional III

The Effect of Relationship Marketing and Satisfaction on Corporate Customer Loyalty PT Telkom Regional III

Skripsi, 024 / 2023 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2024-03-28 12:41:51
By : 195254024 - Nita Sri Amelia (nitaaml555@gmail.com)
Created : 2024-03-28, with 4 files

Keyword : kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, relationship marketing, PT Telkom Regional III
Subject : customer satisfaction, customer loyality, relationship marketing, PT Telkom Regional III

Persaingan dalam industri telekomunikasi di Indonesia semakin sengit yang membuat pelanggan dihadapkan pada pilihan beragam dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, mengamankan posisi di industri perlu menjadi perhatian khusus perusahaan, salah satunya adalah dengan berupaya untuk mempertahankan pelanggan yang telah dimiliki. Loyalitas memainkan peran penting dalam kesuksesan berkelanjutan suatu bisnis serta mendukung tercapainya target-target yang telah ditetapkan perusahaan. Membangun dan menjaga hubungan yang mendalam dengan pelanggan serta memastikan bahwa kepuasan terpenuhi merupakan aspek kunci dalam upaya menciptakan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh relationship marketing dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan korporasi PT Telkom Regional III. Metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 45 perusahaan yang merupakan pelanggan korporasi PT Telkom Regional III. Hasil penelitian menemukan bahwa relationship marketing berpengaruh langsung sebesar 0,744 terhadap kepuasan pelanggan, relationship marketing berpengaruh langsung sebesar 0,476 terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh langsung sebesar 0,347 terhadap loyalitas pelanggan, serta relationship marketing berpengaruh secara tidak langsung sebesar 0,258 terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebesar.

Description Alternative :

Competition in the telecommunications industry in Indonesia is getting fiercer which makes customers faced with a variety of choices in meeting their needs. Therefore, securing a position in the industry needs to be of particular concern to the company, one of which is trying to retain the company's customers. Loyalty plays an important role in the sustainable success of a business and helps in achieving the targets set by the company. Building and maintaining deep relationships with customers and ensuring that satisfaction is met are key aspects in efforts to create and maintain customer loyalty. This study intends to analyze the effect of relationship marketing and satisfaction on corporate customer loyalty at PT Telkom Regional III. The research method used is an explanatory survey with a quantitative approach. The sample used in this study consisted of 45 companies that are corporate customers of PT Telkom Regional III. The results of the study found that relationship marketing has a direct effect of 0,744 on customer satisfaction, relationship marketing has a direct effect of 0,476 on customer loyalty, customer satisfaction has a direct effect of 0,347 on customer loyalty, and relationship marketing has an indirect effect of 0,258 on customer loyalty through satisfaction.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher IDJBPTPPOLBAN
Organization
Contact NameErlin Arvelina
AddressJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
CityBandung
RegionJawa Barat
CountryIndonesia
Phone022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
Administrator E-mailerlin.arvelina@polban.ac.id
CKO E-mailerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Ma¬ímun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Downnload...