Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Nana Surjana, S.T., M.T.

    Pembimbing 2: Ir. Ating Sudradjat, M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Download...

Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Mesin > Program Studi Teknik Mesin > 2014

Rekondisi Motor Bensin Toyota Kijang Tipe 3K Untuk Alat Praktik Mahasiswa Di Laboratorium Fluida, Termal, Dan Otomotif Polban

Recondition of Gasoline Engine of Toyota Kijang 3K Type for Students Practice Advice in The Termal, Fluid, and Automotive Laboratory Owned by Polban

Tugas Akhir, 003 / 2014 / TME
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-04-19 11:00:02
Oleh : Agung Permana - 111211033 & Nuri Aminun Najib - 111211053 (permanaagung17@gmail.com)
Dibuat : 2018-04-19, dengan 4 file

Keyword : Alat praktek, motor Kijang 3K, rekondisi, pengujian
Subjek : Practical equipment, engine Kijang 3K, recondition, testing

Sarana dan prasarana merupakan salah satu aspek penting disuatu instansi pendidikan, khususnya di Politeknik Negeri Bandung. Adapun salah satu sarana yang sangat diperhatikan yaitu alat praktik. Salah satu alat praktik tersebut adalah motor Toyota Kijang tipe 3K. Alat praktik tersebut terdapat beberapa kerusakan sehingga pada saat praktik sering mengalami gangguan pada motor bensin tersebut. Setelah dilakukan pengecekan awal, ternyata terdapat suara kerusakan bantalan-bantalan pada poros engkol dan kerusakan pada komponen-komponen motor bensin. Oleh karena itu diperlukan rekondisi terhadap motor bensin Toyota Kijang tipe 3K tersebut. Tahapan dalam pelaksanaan rekondisi pada motor Kijang tipe 3K ini diantaranya analisa kerusakan, pembongkaran, pemeriksaan komponen motor bensin, penggantian atau perbaikan komponen yang rusak, perakitan, dan menghidupkan kembali. Hasil akhir dari pelaksanaan Tugas Akhir ini adalah motor dapat kembali beroperasi normal sebagai alat praktik mahasiwa. Selain itu, tekanan kompresi dan emisi gas buangnya mencapai angka sesuai standar yang ditetapkan Toyota dan BPLHD. Tekanan kompresi sebesar 11 kg/cm2 dan nilai maksimum kandungan gas yang dihasilkan yaitu CO 4,5% dan HC 1200 ppm. Tidak ada kebocoran oli, kemudian suara kerusakan bantalan poros engkol sudah hilang. Kata kunci: Alat praktek, motor Kijang 3K, rekondisi, pengujian.

Deskripsi Alternatif :

Facilities and infrastructure is an important aspect of the education sector in institutions, particularly in Bandung State Polytechnic. As one of the means that are concerned that the practice equipment. One such equipment is the practice engine of Toyota 3K type. There are several equipment that practice the damage so that when the practice is often impaired in that engine. After the initial checking, it turns out there is a sound damage bearings on the crank shaft and damage to the engine components. Therefore we need recondition to Toyota Engine 3K type. Phases in the implementation of recondition on Kijang engine 3K type which analysis of damage, disassembly, inspection of the major components of the engine, replacement or repair of defective component, assembly, and revive. Final result from the implementation of this Final Project is the engine can back operating normally as the practice advice for students. In addition, the value of compression pressure and gas emissions of the engine reach to good standard with established standards of Toyota and BPLHD. The value of compression pressure is about 11 bars and maximum value of the gas emissions of the engine are 4,5% CO and 1200 ppm for HC. There are not leakage of oil, and then there is not sound from axle bearing damages. Keywords: Practical equipment, engine Kijang 3K, recondition, testing.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id