Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2013
ANALISIS PERBANDINGAN MOTIF PEMBELIAN DI KASKUS DAN TOKO BAGUS
COMPARATIVE ANALYSIS OF BUYING MOTIVE IN KASKUS AND TOKO BAGUS
Tugas Akhir, 026 / 2013 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2014-05-21 13:06:17
Oleh : Ahmad Sulthony - 105231003 (sulthony.ahmad@gmail.com)
Dibuat : 2014-05-21, dengan 4 file
Keyword : Analisis Perbandingan, Motif Pembelian, Uji Wilcoxon
Subjek : Comparative Analysis, Buying Motive, Wilcoxon test
Dengan meningkatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, maka semakin berkembang juga peluang bisnis di dunia e-commerce. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan motif pembelian di dua situs terbaik di Indonesia yaitu Kaskus dan Toko Bagus. Untuk dapat mengukur dan menjawab apa yang menjadi masalah dalam penelitian ini, pertama penelitian ini mencari apa saja yang menjadi motif-motif pembelian dengan cara tinjauan pustaka. Setelah dimensi dan indikator dirasa cukup kuat sebagai dasar teori penelitian dilakukan penyusunan kuesioner yang lalu disebarkan dengan menggunakan media internet. Data yang diperoleh dari 202 responden dengan mengunakan teknik pengumpulan data judgement sampling ini sebagai bahan penelitian. Yang kemudian data tersebut diolah dengan mengunakan metode analisis deskriptif dan analisis komparatif, dengan menggunakan uji wilcoxon untuk uji dua sampel berhubungan karena setiap satu responden ditanyakan dua pernyataan yang sama untuk masing-masing situs. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk tiga dimensi motif pembelian yang terjadi antara Kaskus dan Toko Bagus, dan dimensi tersebut ialah rational buying motive, emotional buying motive, patronage buying motive. Hasil menunjukan kaskus lebih baik dibanding Toko Bagus untuk setiap perbedaan di tiga buying motives yang berbeda, karena Kaskus memiliki fasilitas seperti E-wallet, Rekber, GRP (Good Reputation Poin) dan Moderator. Kata kunci : Analisis Perbandingan, Motif Pembelian, Uji Wilcoxon
Deskripsi Alternatif :The inrease of Internet users growth in Indonesia, has created more business opportunities in E-Commerce in the country, including online business. Therefore,the purpose of this research is to analyze and compare the buying motive in the two best sites in Indonesia, they are Kaskus and Toko Bagus. In order to measure and answer what causes of problems formulated in this research, firstly this research discussed and analyzed the buying motives based on the literatures reviews. After indentifying the dimension and indicator as the basis of the research theory, the questionnaires were designed and then distributed using the Internet media. The data were collected from 202 respondents by using judgemental sampling method. Then, the data were processed by using the descriptive and comparative analysis, by using the Wilcoxon test to test two samples are related because each of the respondents were asked two similar statements for each site. The result of this research shows that there are three significant differences of buying motive of between Kaskus and Toko on rational, emotional and patronage buying motive. Kaskus showed better results than Toko Bagus for any differences in the three buying motives, as Kaskus has facilities such as e-wallet, Rekber, GRP (Good Reputation Points) and Moderator. Keywords : Comparative Analysis, Buying Motive, Wilcoxon test
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Drs. Dedy Saefulloh, MBA., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 105231003.pdf
(398831 bytes)
File : BAB 1 - 105231003.pdf
(305195 bytes)
File : BAB 2 - 105231003.pdf
(819173 bytes)
File : BAB 5 - 105231003.pdf
(243978 bytes)