Path: Top > Proceeding Politeknik Negeri Bandung

Analisis Termodinamika Penggunaan Ejector Sebagai Alat Ekspansi Pada Pengkondisi Udara Mobil

Thermodynamic Analysis Of Using Ejector As Expansion Tool In Car Air Conditioning

Proceeding Seminar Nasional Teknik Mesin Universitas Trisakti, 20 Februari 2014, ISBN: 978-602-70012-0-6
Proceeding from JBPTPPOLBAN / 2022-03-22 14:18:18
Oleh : Cecep Sunardi - 196708211989031002 (cns_ra@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-22, dengan 1 file

Keyword : Ejector, pengkondisi udara, COP, R-134a

Makalah ini menyajikan analisis termodinamika penggunaan ejector sebagai alat ekspansi pada pengkondisi udara (AC) mobil untuk meningkatkan kinerja sistem. Dengan meningkatnya kinerja sistem ACakan menghemat penggunaan konsumsi bahan bakar mobil, karena sumber penggerak AC mobil adalah mesin mobil. Penggunaan ejector menggantikan thermostatic expansion valve(TXV) dapat mengurangi rugi energi selama proses ekspansi. Dengan berkurangnya rugi energi selama proses ekspansi akan meningkatkan COP (coefficient of performance)AC. Peningkatan COP disebabkan turunnnya kerja kompresor pada siklus ejector. Pengkondisi udara mobil umumnya menggunakan R-134a sebagai fluida kerja. Refrigeran jenis ini memiliki zeroODP (ozone depletion potential) dan relatif rendah sifat GWP (global warming potential) dibandingkanR-12. Pemodelan termodinamika pada makalah ini menggunakan persamaan kekekalan massa, momentum dan energi. Berdasarkan pemodelan termodinamika didapat peningkatan COP sebesar 9.47%, 22.49%dan 33.16% untuk temperatur kondenser 40oC, 45oCdan 50oC, berturut-turut. Dengan kata lain, peningkatan COP semakin tinggi dengan naiknya temperatur lingkungan.

Deskripsi Alternatif :

This paper presents a thermodynamic analysis of the use of ejectors as an expansion device in car air conditioning (AC) to improve system performance. By increasing the performance of the AC system, it will save the use of car fuel consumption, because the driving source of the car air conditioner is the car engine. The use of an ejector instead of a thermostatic expansion valve (TXV) can reduce energy losses during the expansion process. With reduced energy losses during the expansion process will increase the COP (coefficient of performance) AC. The increase in COP is due to the decrease in compressor work in the ejector cycle. Car air conditioners generally use R-134a as the working fluid. This type of refrigerant has zero ODP (ozone depletion potential) and relatively low GWP (global warming potential) compared to R-12. The thermodynamic modeling in this paper uses the conservation of mass, momentum and energy equations. Based on the thermodynamic modeling, the COP increased by 9.47%, 22.49% and 33.16% for the condenser temperatures of 40oC, 45oC and 50oC, respectively. In other words, the increase in COP is higher with increasing ambient temperature.

Beri Komentar ?#(52) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Erlin Arvelina

Download...