Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Mesin > Program Studi Teknik Aeronautika > 2012
Rancang Bangun Model Wing in Ground Effect Aircraft : Kaji Eksperimental
Desain and Manufacturing of Wing in Ground Effect Aircraft : Experimental Assessment
Tugas Akhir, 006 / 2012 / AERUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:45
Oleh : Drajad Eko Widodo - 091221009
Dibuat : 2013-04-11, dengan 4 file
Keyword : pesawat Wing In Ground Effect, prinsip Ground effect
Subjek : Aircraft Wing In Ground Effect, ground effect principle
Indonesia merupakan Negara kepulauan yang tidak pernah terlepas dari kebutuhan transportasi, terutama transportasi laut dan udara dalam penyeberangan antar pulau. Dalam pengembangannya, system transportasi di Indonesia cukup baik. Namun jenis transportasi yang digunakan sering kali menjadi kurang efisien. Di beberapa negara, sudah banyak dikembangkan system transportasi yang bernama Wing In Ground Effect Aircraft (WIG). Transportasi ini terus dikembangkan karena cukup efisien dalam pengoperasiannya. Tugas akhir ini merancang model pesawat Wing In Ground Effect yang terbang dengan memanfaatkan prinsip Ground effect dan juga melakukan pengkajian secara eksperimental pada airfoil pesawat model tersebut dengan menggunakan wind tunnel dan melakukan test flight. Dari pengkajian secara eksperimental didapatkan koefisien-koefisien aerodinamika yang berperan terhadap model benda uji tersebut. Diantaranya didapatkan koefisien gaya angkat (CL), koefisien gaya hambat (CD), ¬koefisien momen (CM). Selain itu pengaruh yang besar akan terlihat pada karakteristik dari benda uji tersebut apabila terdapat kondisi yang berbeda pada saat pengujian. Contohnya kecepatan, kecepatan akan mempengaruhi bentuk karakteristik dari benda uji jika kondisinya berbeda, sepeti yang penulis dan rekan penulis lakukan.
Deskripsi Alternatif :Indonesia is an archipelago that is never detached from the needs of the transportation, especially sea and air transport in inter-island crossings. Transportation system in Indonesia is quite good in its development. But the type of transport used is often less in efficiency. In some countries, transportation system called Aircraft Wing In Ground Effect (WIG) have been developed. Transportation continues to be developed because it is quite efficient in its operation.
This final project as designed models of Wing In Ground Effect aircraft which it can flies using ground effect principle and also perform experimentally assessment on the model aircraft airfoil by using wind tunnel and test flight.
From the experimentally assessment, can be obtained the aerodynamic coefficients that contribute to the aircraft model. Among obtained lift coefficient (CL), drag coefficient (CD), and moment coefficient (CM). Other than, it will see that a big influence about the characteristic from specimen if there are different conditions at the time of testing. For example speed, the speed will affect the characteristic of specimen if the conditions are different, a case which the author and my partner do.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Y. Sinung Nugroho, Dipl. Ing., MT.
Pembimbing 2: Vicky Wuwung, MT., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 091221009.pdf
(613632 bytes)
File : BAB 1 - 091221009.pdf
(242925 bytes)
File : BAB 2 - 091221009.pdf
(705759 bytes)
File : BAB 5 - 091221009.pdf
(189111 bytes)