Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2013
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP DAN MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN INTERNET BANKING BRI (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk. Cabang Bandung Asia Afrika)
Analysis of Factors that Influence Attitude and Intention to Use of Internet Banking BRI Service (Case Study on PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk. Bandung Asia Afrika Branch Office)
Tugas Akhir, 007 / 2013 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2014-05-21 09:25:32
By : Lovita Rizky Kusuma Putri - 105231020 (lovitarizky@yahoo.co.id)
Created : 2014-05-21, with 4 files
Keyword : Model Penerimaan Teknologi, Keamanan Web, Sikap, Minat Menggunakan Internet Banking BRI
Subject : TAM (Technology Acceptance Model), Perceived Web Security, Attitude, Internet Banking BRI Intention to Use
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan minat menggunakan layanan Internet Banking BRI (studi kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk. Cabang Bandung Asia Afrika). Berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan menunjukkan bahwa jumlah pengguna Internet Banking BRI tidak mencapai target yang ditentukan. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah faktor-faktor yang diambil dari TAM (Technoloy Acceptance Model) teori Davis (1989) yaitu kemudahan (Perceived Easy of Use) dan kegunaan atau manfaat (Perceived Usefulness) dan faktor tambahan dari teori Salisbury et al., (2001), yaitu keamanan web (Perceived Web Security) berhubungan dan mempengaruhi sikap dan minat menggunakan Internet Banking BRI. Dalam penelitian ini, sikap merupakan variabel intervening. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling, yaitu convinience sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuisioner. Ukuran sampel sebanyak 210 responden yang merupakan nasabah BRI naungan Cabang Bandung Asia Afrika yang terdiri dari satu kantor cabang itu sendiri dan empat kantor kas yang sudah dan yang belum pernah menggunakan layanan Internet Banking BRI. Karena distribusi data tidak normal, maka penulis menggunakan statistik non parametrik. Teknik analisis data dengan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, analisa demografi statistik, analisis deskriptif, korelasi Spearman, dan regresi logistik dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 20.0. Hipotesis yang diuji adalah apakah ada hubungan dan pengaruh secara positif dan signifikan antara faktor kemudahan, faktor kegunaan atau manfaat dan faktor keamanan web Internet Banking BRI terhadap sikap nasabah. Kemudian apakah ada hubungan dan pengaruh secara positif dan signifikan antara faktor keamanan web dan sikap nasabah terhadap minat menggunakan layanan Internet Banking BRI. Berdasarkan hasil analisis, faktor kemudahan, faktor kegunaan atau manfaat dan faktor keamanan web Internet Banking BRI memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap sikap nasabah. Tetapi ketiga faktor tersebut tidak berpengaruh terhadap sikap nasabah. Hasil analisis pun menunjukkan bahwa faktor keamanan web memiliki hubungan positif dan signifikan serta berpengaruh terhadap minat menggunakan Internet Banking BRI dengan koefisien regresi -1,566. Variabel sikap memiliki hubungan secara positif dan signifikan dengan minat menggunakan Internet Banking BRI namun tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan Internet Banking BRI. Dengan koefisien pengaruh -1,566, berarti setiap kenaikan tingkat keamanan web pada layanan Internet Banking BRI maka minat nasabah untuk menggunakan layanan tersebut akan semakin turun. Hal ini terjadi karena prosedur penggunaan Internet Banking BRI yang terlalu aman sehingga akan mempersulit nasabah dalam menggunakannya. Kata kunci: Model Penerimaan Teknologi, Keamanan Web, Sikap, Minat Menggunakan Internet Banking BRI.
Description Alternative :The purpose of this research is to analyze factors that influence attitude and intention to use of Internet Banking BRI service (case study of PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk. Bandung Asia Afrika Branch Office). Based on data that obtained from company shows that the amount of Internet Banking BRI user was not reach the determined target.
This research problem is to prove whether the factors from TAM (Technology Acceptance Model) theory of Davis (1989), that are Perceived Easy of Use and Perceived Usefulness and one additional factor from Salisbury et al., (2001) theory, that is Perceived Web Security are correlate and have influence toward Attitude and Intention to Use of Internet Banking BRI. In this research, Attitude as intervening variable. Sampling technique that used is non probability sampling, convinience sampling exactly. Collecting data technique is by spreading questionnaires. Sample size is 210 respondents who are the group of BRI Asia Afrika Branch Offices customers, that are consist one branch office itself and four cash office that have ever and never use Internet Banking BRI. Because of data distribution is not normal, so that the writter use non parametric statistics. Data analysis technique by validity and reliability test, normality test, demographic statistic analysis, descriptive analysis, Spearman correlation and logistic regression by using IBM SPSS Statistics 20.0 version software.
Examined hypothesis are: whether there is positive and significant correlation and influence among Perceived Easy of Use, Perceived Usefulness and Perceived Web Security of Internet Banking BRI toward customer Attitude. Then, whether there is positive and significant correlation and influence among Perceived Web Security and Attitude toward Internet Banking BRI Intention to Use. Based on analysis result, factors of Perceived Easy of Use, Perceived Usefulness and Perceived Web Security of Internet Banking BRI have positive and significant correlation toward customer Attitude. But, all of that factors do not have influence toward customer Attitude. Then, the result also shows that factor of Perceived Web Security has positive and significant correlation and influence toward Internet Banking BRI Intention to Use with the regression coefficient -1,566. Attitude variable has positive and significant correlation with Internet Banking BRI Intention to Use but it does not influence Internet Banking BRI Intention to Use. With the influence coefficient -1,566, so that every increasing web security rate on Internet Banking BRI, the customer intention to use that facility will be more decrease. This thing happen because the procedure of Internet Banking BRI usage is too secure so it will make the customer get difficult in using it. Keyword: TAM (Technology Acceptance Model), Perceived Web Security, Attitude, Internet Banking BRI Intention to Use.
Property | Value |
---|---|
Publisher ID | JBPTPPOLBAN |
Organization | |
Contact Name | Erlin Arvelina |
Address | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
City | Bandung |
Region | Jawa Barat |
Country | Indonesia |
Phone | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
Administrator E-mail | erlin.arvelina@polban.ac.id |
CKO E-mail | erlin.arvelina@polban.ac.id |