Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2013

Pengaruh Atribut Chocodot terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Wisatawan di Garut)

Influence of Product Attributes Chocodot to Buying Decision (Case Study of Tourists in Garut)

Tugas Akhir, 024 / 2013 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-29 12:10:45
Oleh : Muhammad Furqon Pasha - 105221023 (qoqon.com@gmail.com)
Dibuat : 2017-03-29, dengan 4 file

Keyword : chocodot, Garut, keputusan pembelian
Subjek : chocodot, Garut, buying decision

Chocodot adalah sebuah inovasi makanan dari Garut yang merupakan kombinasi dari coklat dan dodol Garut. Kemunculan Chocodot ini sangat menarik perhatian wisatawan, hal ini dilihat dari munculnya berbagai pemberitaan yang menyatakan bahwa Chocodot sangat digemari dan diminati wisatawan untuk dibeli, dinikmati maupun dijadikan sebagai oleh-oleh. Dilihat dari antusiasme wisatawan pula, kini Chocodot dikenal sebagai ikon baru Garut. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Atribut Produk Chocodot Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Wisatawan Di Kabupaten Garut). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai atribut produk Chocodot dan mengungkapkan bagaimana keputusan pembelian wisatawan terhadap Chocodot serta mengungkapkan pengaruh atribut produk Chocodot sendiri terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Garut dan merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada 180 responden, namun data yang digunakan hanya sebanyak 160 buah kuisioner dikarenakan beberapa kuisioner yang dirasa tidak diisi dengan baik. Data yang diperoleh dari sumber data diukur menggunakan skala Likert dan diolah menggunakan software SPSS 17.0. Selain itu digunakan data sekunder yang diperoleh dari buku, referensi, jurnal dan website. Populasi yang ditentukan dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang membeli Chocodot dalam 1 tahun terakhir, dengan metode sampling Non-probability dan Judgement Sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis korelasi menunjukkan nilai penilaian yang sering muncul pada variabel atribut produk wisata berkisar antara 3 sampai 4 yang berarti, penilaian wisatawan terhadap Chocodot adalah cukup baik. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian, nilai yang muncul berkisar antara 3 sampai 4 yang berarti tingkat keputusan pembelian wisatawan terhadap Chocodot adalah baik. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa wisatawan akan membeli produk-produk Chocodot, namun sebelum itu wisatawan akan melihat dan mempertimbangkan dulu merek, kemasan dan kualitasnya. Berdasarkan hasil analasis regresi didapat hasil sebesar 55,9% keputusan pembelian wisatawan dipengaruhi oleh atribut produk Chocodot. Dapat disimpulkan bahwa atribut produk Chocodot berpengaruh pada keputusan pembelian wisatawan, dan berdasarkan hasil yang didapat, diungkapkan pendapat berupa saran terhadap pengelola Chocodot untuk lebih meningkatkan image dan kualitas produk serta kemasan agar semakin banyak wisatawan yang memutuskan untuk membeli. Kta kunci: chocodot, Garut, keputusan pembelian.

Deskripsi Alternatif :

Chocodot is an innovation of food from Garut is a combination of chocolate and dodol Garut. The appearance of this very Chocodot attracted the attention of tourists, it is seen from the emergence of various news coverage suggesting that the Chocodot very popular and sought after tourists for purchase, enjoy and serve as souvenirs. Judging from the enthusiasm of travelers, now known as the new icons Chocodot Arrowroot. Therefore conducted research with the title Influence Of Product Attributes Chocodot To Buying Decision (Case Study Of Tourists In Garut). The purpose of this research is to get an idea about the product attributes Chocodot and reveals how buying decision of tourist against Chocodot and reveals the influence of product attributes Chocodot yourself against buying decision. This research was conducted in Garut and quantitative research with the data analysis techniques using primary data obtained from a questionnaire distributed to 180 respondents, but data are used just as much as 160 fruit questionnaire because some questionnaire where not filled properly. The Data retrieved from the data source using the Likert scale is measured and processed using the software SPSS 17.0. In addition used secondary data obtained from textbooks, references, journals and websites. The population was determined in this study is the domestic tourists who bought Chocodot in 1 year, with Non-probability sampling methods and Judgement Sampling. Research results based on the correlation analysis shows the value judgment that often appear in the variable attribute of the tourist product ranges from 3 to 4, which means, an assessment of the tourist Chocodot is quite good. While on a buying decision, the value of the variable that appears in the range of 3 to 4, which means the level of tourist purchasing decision against Chocodot is good. Overall it can be said that travelers will buy Chocodot products, but before that tourists will see and consider the first brand, packaging and quality. Based on the results obtained by regression analasis 55.9% of tourist purchasing decisions are influenced by product attributes Chocodot. It can be concluded that the product attributes Chocodot effect on tourists, and purchasing decisions based on the results obtained, the opinion expressed in the form of advice to the Manager Chocodot to further improve the image and quality of the product and packaging so that the more tourists who decide to buy. Keywords: chocodot, Garut, buying decision.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Tomy Andrianto, S.ST.Par., M.M.Par., Editor: Erlin Arvelina

Download...