Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2014
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kantin Bandung International School
The Influence Of Service Quality Toward Customer Satisfaction At Bandung Interbalional School's Canteen
Tugas Akhir, 004 / 2014 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-04 15:12:55
Oleh : Octavia - 115231055 (octaviasimarmataa@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-04, dengan 4 file
Keyword : Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Kantin sekolah, Atmosphere
Subjek : Service Quality, Customer Satisfaction, School Canteen, Atmosphere
Penelitian ini didasarkan oleh observasi peneliti ketika melakukan praktek kerja lapangan di BIS. Tingkat penggunaan akan kantin rendah saat istirahat dan waktu luang lainnya. Jadi, tujuan dari studi ini adalah untuk mencari tahu faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen diantara para murid. Independent variabelnya adalah kualitas layanan yang terdiri dari kualitas makanan, suasana, harga dan pelayanan pelanggan. Riset ini adalah riset deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid dari grade 7 sampai 11 serta staff dan guru dengan populasi 116 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling dengan 102 sample. Kuisioner disebarkan pada bulan Mei sampai Juni di Bandung International School. Data dianalisis menggunakan deskriptif analisis dan nonparametrik statistik dikarenakan data yang tidak normal dengan menggunakan korelasi spearman dan regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan pelanggan adalah variabel yang paling memuaskan dan harga yang paling tidak memuaskan. Lalu, korelasi antara semua independen variabel dan kepuasan konsumen adalah signifikan dan positif. Sementara itu, hanya variabel atmosphere dan harga yang mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas makanan dan pelayanan pelanggan tidak mempunyai pengaruh. Berdasarkan penemuan diatas, maka dalam meningkatkan penggunaan kantin, pertama manajemen kantin harus memperbaiki atmosphere dari kantin seperti fasilitas, suasana yang membuat santai dan lebih nyaman. Kedua, penting untuk membuat harga makanan dan minuman memiliki nilai yang lebih tinggi dan sesuai dengan biaya yang dikorbankan konsumen. Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen, Kantin sekolah, Atmosphere.
Deskripsi Alternatif :This study is based on my observation, during my internship in BIS. Utilization rate of canteen by students during break time is low. So, the aim of this study is to find out the factors that affect customer satisfaction among students. The independent variable is service quality consist of food quality, atmosphere, price and customer service. This research is a descriptive study with cross sectional approach. The population in this study is the all students from Grade 7 to 11 as well as the staff and teachers with a population of 116 people. Sampling technique is quota with sample 102 respondents. Methods of data collection is done through a questionnaire with Likert scale measurement. The questionnaire was distributed on May-June in Bandung International School. Data analysis was performed using descriptive analysis and nonparametric statistics because the data are not normal, the Spearman correlation test and binary logistic regression. The finding of this study shows customer service is the most satisfactory variable with the lowest one is the price variable. In addition, correlation between all independent variables on consumer satisfaction are significant and positive. On the other hand, only atmosphere and price who had influence on customer satisfaction. Food quality and customer service has no influence on customer satisfaction. Based on the above findings in order to increase utilization rate of the canteen, first he/she has to improve the atmosphere such as facilities, relax ambiance and more comfortable place. Second, has to make the price of the food is perceive value higher and equal to cost. Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, School Canteen, Atmosphere.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Drs. Tjetjep Djatnika, M.B.A., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 115231055.pdf
(696092 bytes)
File : BAB 1 - 115231055.pdf
(454738 bytes)
File : BAB 2 - 115231055.pdf
(445100 bytes)
File : BAB 5 - 115231055.pdf
(242394 bytes)