Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2004
PENGARUH PENGHANTARAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AMIRAH SALON KHUSUS MUSLIMAH JL. CIHAMPELAS 36 BANDUNG
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:25
Oleh : Diniarti Gina Kurnia (01701006), Polban
Dibuat : 2004, dengan 1 file
Keyword : Jasa, Kepuasan Konsumen
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis mengenai Pengaruh Penghantaran Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen yang dilaksanakan di Amirah Salon Jalan Cihampelas 36 Bandung. Dalam penelitian ini terdapat empat dimensi yang digunakan untuk mengukur penghantaran Iayanan sebagai variabeI bebas terhadap kepuasan konsumen sebagai variabel terikat hasil operasionalisasi definisi yaitu proses interaksi antara pegawai dengan konsumen, kinerja pegawai, keterlibatan konsumen, dan bukti fiisik. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari jawaban mengenai dimensi apakah yang paling menentukan kepuasan konsumen Amirah Salon pada saat pelayanan dihantarkan dengan menggunakan metode analisis frekuensi, bagaimana penilaian konsumen terhadap penghantaran layanan yang diberikan Amirah Salon dengan menggunakan metode analisis deskriptif, apakah terdapat hubungan antara penghantaran layanan dengan kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis korelasi, dan seberapa besar pengaruh penghantaran layanan dalam menghasilkan kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi.
Hasil yang didapat berdasarkan jawahan dari 200 responden yang dijadikan sampel menyatakan bahwa dimensi yang paling menentukan kepuasan konsumen adalah kinerja pegawai. Penilaian rata-rata yang diberikan responden untuk penghantaran layanan yang telah ia terima sebesar 4.1340 yang artinya konsumen secara keseluruhan telah merasa puas terhadap kinerja penghantaran layanan yang diberikan Amirah Salon. Koefisien korelasi menunjukkan hasil sebesar 0,327 dengan probabilitas dibawah 0.05 yang artinya apabila kinerja penghantaran layanan ditingkatkan maka kepuasan konsumen akan meningkat secara perlahan. Konstribusi penghantaran layanan dalam menghasilkan kepuasan konsumen sebesar I0,7% dengan probabilitas dibawah 0.05. Tingkat keeratan hubungan dan jumlah kontribusi tersebut didapat setelah membuang satu dimensi penghantaran layanan yang tidak signifikan yaitu dimensi keterlibatan konsumen. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi sebesar 10,7% oleh penghantaran layanan, sedangkan 89.3% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisa dalam penelitian ini.
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis mengenai Pengaruh Penghantaran Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen yang dilaksanakan di Amirah Salon Jalan Cihampelas 36 Bandung. Dalam penelitian ini terdapat empat dimensi yang digunakan untuk mengukur penghantaran Iayanan sebagai variabeI bebas terhadap kepuasan konsumen sebagai variabel terikat hasil operasionalisasi definisi yaitu proses interaksi antara pegawai dengan konsumen, kinerja pegawai, keterlibatan konsumen, dan bukti fiisik. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari jawaban mengenai dimensi apakah yang paling menentukan kepuasan konsumen Amirah Salon pada saat pelayanan dihantarkan dengan menggunakan metode analisis frekuensi, bagaimana penilaian konsumen terhadap penghantaran layanan yang diberikan Amirah Salon dengan menggunakan metode analisis deskriptif, apakah terdapat hubungan antara penghantaran layanan dengan kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis korelasi, dan seberapa besar pengaruh penghantaran layanan dalam menghasilkan kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi.
Hasil yang didapat berdasarkan jawahan dari 200 responden yang dijadikan sampel menyatakan bahwa dimensi yang paling menentukan kepuasan konsumen adalah kinerja pegawai. Penilaian rata-rata yang diberikan responden untuk penghantaran layanan yang telah ia terima sebesar 4.1340 yang artinya konsumen secara keseluruhan telah merasa puas terhadap kinerja penghantaran layanan yang diberikan Amirah Salon. Koefisien korelasi menunjukkan hasil sebesar 0,327 dengan probabilitas dibawah 0.05 yang artinya apabila kinerja penghantaran layanan ditingkatkan maka kepuasan konsumen akan meningkat secara perlahan. Konstribusi penghantaran layanan dalam menghasilkan kepuasan konsumen sebesar I0,7% dengan probabilitas dibawah 0.05. Tingkat keeratan hubungan dan jumlah kontribusi tersebut didapat setelah membuang satu dimensi penghantaran layanan yang tidak signifikan yaitu dimensi keterlibatan konsumen. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi sebesar 10,7% oleh penghantaran layanan, sedangkan 89.3% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisa dalam penelitian ini.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Iwan Mulyawan, MBA, Editor:
Download...
File : 10-2004-PM.pdf
(801722 bytes)