Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2004

ADMINISTRASI PENANGANAN DATA PELANGGAN IM3 BRIGHT DEPARTEMEN REVENUE ASSURANCE DI PT INDOSAT, Tbk. CABANG BANDUNG

Tugas Akhir, 28 / 2004 / AB
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:26
Oleh : Finna Karismawati (01701030), Polban
Dibuat : 2004, dengan 1 file

Keyword : Administrasi

ABSTRAK





Fokus utama tugas akhir ini yaitu pada administrasi penanganan data pelanggan IM3 Bright pada Departemen Revenue Assurance di PT. Indosat, Tbk. Cabang Bandung. Tugas akhir ini ditulis berdasarkan hasil kerja praktek dimana penulis terlibat dalam aktivitas penanganan administrasi dan wawancara dengan pelanggan IM3 Bright itu sendiri.





Secara teori, pelanggan adalah masyarakat pada umumnya yang membutuhkan produk dan jasa dari suatu perusahaan serta berpotensi untuk melakukan pembelian dan menggunakan produk dan jasa tersebut baik berupa seseorang (individual) dan dapat pula sebagai suatu perusahaan (Yoeti, 2003). Pelanggan seperti raja karena mereka merupakan sumber perusahaan, tanpa mereka perusahaan tidak akan bertahan. Maka perusahaan harus menangani mereka dengan baik, salah satu caranya adalah penanganan data pelanggan termasuk didalamnya aktivitas administrasi. Dimulai dengan penerimaan data untuk disimpan. Ruang lingkup praktek kerja adalah untuk mengetahui janis data yang diterima, bagaimana prosedur administrasi penanganan data pelanggan dan media apa saja yang digunakan dalam kegiatan aktivitas penanganan data pelanggan. Jenis data yang diterima oleh departemen Revenue Assurance dalam penanganan data pelanggan di IM3 Bright terdiri dari : data satis dan data dinamis. Prosedur penanganan data di departemen Revenue Assurance terbagi menjadi empat prosedur : prosedur akuisisi pelanggan, prosedur pendistribusian tagihan, prosedur penagihan melalui telepon (telecollection) dan prosedur perubahan data pelanggan. Prosedur-prosedur tersebut dalam pelaksanaanya masih terdapat kekurangan arsip data yang dibutuhkan tidak ditemukan. Alat atau media yang digunakan dalam administrasi penanganan data pelanggan dapat terbagi menjadi tiga kategori : Office Stationary (formulir, alat-alat tulis, buku agenda, laporan), Office Equipment ( rak arsip, disket aplikasi-aplikasi program komputer, alat penunjang penyimpan data seperti map plastik, ordner, box file, daftar klasifikasi arsip), Office Machine (komputer, printer, mesin Photo Copy), Alat-alat komunikasi (surat, Invoice, telepon, email), Buku petunjuk informasi (buku kode pos nasional). Dalam penanganan data pelanggan, departemen Revenue Assurance harus melakukan penataan terhadap penyimpanan data pelanggan, lebih disiplin dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan, melakukan penyusutan arsip data pelanggan karena terbatasnya tempat penyimpanan arsip, dan memperhatikan ketelitian dalam input data.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK





Fokus utama tugas akhir ini yaitu pada administrasi penanganan data pelanggan IM3 Bright pada Departemen Revenue Assurance di PT. Indosat, Tbk. Cabang Bandung. Tugas akhir ini ditulis berdasarkan hasil kerja praktek dimana penulis terlibat dalam aktivitas penanganan administrasi dan wawancara dengan pelanggan IM3 Bright itu sendiri.





Secara teori, pelanggan adalah masyarakat pada umumnya yang membutuhkan produk dan jasa dari suatu perusahaan serta berpotensi untuk melakukan pembelian dan menggunakan produk dan jasa tersebut baik berupa seseorang (individual) dan dapat pula sebagai suatu perusahaan (Yoeti, 2003). Pelanggan seperti raja karena mereka merupakan sumber perusahaan, tanpa mereka perusahaan tidak akan bertahan. Maka perusahaan harus menangani mereka dengan baik, salah satu caranya adalah penanganan data pelanggan termasuk didalamnya aktivitas administrasi. Dimulai dengan penerimaan data untuk disimpan. Ruang lingkup praktek kerja adalah untuk mengetahui janis data yang diterima, bagaimana prosedur administrasi penanganan data pelanggan dan media apa saja yang digunakan dalam kegiatan aktivitas penanganan data pelanggan. Jenis data yang diterima oleh departemen Revenue Assurance dalam penanganan data pelanggan di IM3 Bright terdiri dari : data satis dan data dinamis. Prosedur penanganan data di departemen Revenue Assurance terbagi menjadi empat prosedur : prosedur akuisisi pelanggan, prosedur pendistribusian tagihan, prosedur penagihan melalui telepon (telecollection) dan prosedur perubahan data pelanggan. Prosedur-prosedur tersebut dalam pelaksanaanya masih terdapat kekurangan arsip data yang dibutuhkan tidak ditemukan. Alat atau media yang digunakan dalam administrasi penanganan data pelanggan dapat terbagi menjadi tiga kategori : Office Stationary (formulir, alat-alat tulis, buku agenda, laporan), Office Equipment ( rak arsip, disket aplikasi-aplikasi program komputer, alat penunjang penyimpan data seperti map plastik, ordner, box file, daftar klasifikasi arsip), Office Machine (komputer, printer, mesin Photo Copy), Alat-alat komunikasi (surat, Invoice, telepon, email), Buku petunjuk informasi (buku kode pos nasional). Dalam penanganan data pelanggan, departemen Revenue Assurance harus melakukan penataan terhadap penyimpanan data pelanggan, lebih disiplin dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan, melakukan penyusutan arsip data pelanggan karena terbatasnya tempat penyimpanan arsip, dan memperhatikan ketelitian dalam input data.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
OrganisasiPolban
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Maya Setiawardani, M.Pd, Editor:

Download...