Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Konstruksi Sipil > 2004
KAJIAN ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN PASIR KALIKI BANDUNG
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:28
Oleh : Fitriana Khalida Khusuma (01112006) ; Heru Deskrisye Marbun (01112008), Polban
Dibuat : 2004, dengan 1 file
Keyword : Transportasi, Jalan, Lalu Lintas
ABSTRAK
Bandung adalah salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki daya kreativitas yang tinggi maka sering kali orang menyebut kota Bandung sebagai Parijs van Java. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Kota Bandung karena kota Bandung adalah kota yang cepat berkembang. Dengan setiap perkembangannya banyak sekali penduduk luar kota yang bersinggah untuk belanja, sekolah atau bekerja oleh karena itu banyak daerah di kota Bandung dipadati oleh penduduk dan dengan sendirinya pergerakan manusiapun menjadi bertambah dan hal ini menyebabkan kemacetan di beberapa daerah. Salah satu daerah yang padat oleh penduduk dan pergerakannya adalah di jalan Pasir Kaliki karena terdapat tempat perbelanjaan, hotel, sekolah dan gereja. Kepadatan pergerakan arus lalu lintas di jalan Pasir Kaliki menyebabkan ketidaknyamanan pengguna jalan oleh karena itu banyak sekali yang harus diperbaharui rnisalkan fasilitas pejalan kaki, fasilitas angkutan umum dan lain-lain. Dengan keadaan padatnya lalu lintas di jalan Pasir Kaliki, maka diperlukan suatu tindakan untuk membuat jalan Pasir Kaliki menjadi nyaman.
Dalam studi ini, data-data primer seperti volume lalu lintas, konflik dan data dari kuisioner dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis untuk memperoleh beberapa parameter seperti Volume Lalu Lintas Jam Rata-rata (VLJR), periode hari puncak (peak day), titik-titik konflik yang ada dan peta situasi area studi. Dari hasil analisis tersebut, diperoleh suatu hipotesa mengenai kondisi eksisting di area jalan Pasir Kaliki, yang dijadikan sebagai landasan dasar bagi perencanaan penanggulangan kemacetan di jalan Pasir Kaliki. Kemudian dicari altematif solusi untuk dianalisis dengan memperhatikan beberapa parameter seperti dimensi jalan, penyebab kemacetan, dan jumlah titik konflik. Dari hasil analisa ini ditetapkan suatu solusi yang paling memberikan dampak positif dan memungkinkan untuk ditetapkan.
Setelah melalui beberapa pertimbangan, solusi yang dapat memberikan kemudahan pengguna jalan dan mengurangi titik konflik juga menuntun pengguna jalan menuju sistem operasional yang diinginkan adalah dengan mengubah arah arus kendaraan, membuat lahan parkir, membuat tempat penampungan pedagang makanan, membuat lahan pemberhentian angkutan umum dan memperpanjang median jalan. Solusi terpilih ini dilengkapi dengan rambu dan fasilitas pejalan kaki seperti zebra cross sebagai sarana pendukung yang diterapkan pada solusi yang dipilih.
ABSTRAK
Bandung adalah salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki daya kreativitas yang tinggi maka sering kali orang menyebut kota Bandung sebagai Parijs van Java. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Kota Bandung karena kota Bandung adalah kota yang cepat berkembang. Dengan setiap perkembangannya banyak sekali penduduk luar kota yang bersinggah untuk belanja, sekolah atau bekerja oleh karena itu banyak daerah di kota Bandung dipadati oleh penduduk dan dengan sendirinya pergerakan manusiapun menjadi bertambah dan hal ini menyebabkan kemacetan di beberapa daerah. Salah satu daerah yang padat oleh penduduk dan pergerakannya adalah di jalan Pasir Kaliki karena terdapat tempat perbelanjaan, hotel, sekolah dan gereja. Kepadatan pergerakan arus lalu lintas di jalan Pasir Kaliki menyebabkan ketidaknyamanan pengguna jalan oleh karena itu banyak sekali yang harus diperbaharui rnisalkan fasilitas pejalan kaki, fasilitas angkutan umum dan lain-lain. Dengan keadaan padatnya lalu lintas di jalan Pasir Kaliki, maka diperlukan suatu tindakan untuk membuat jalan Pasir Kaliki menjadi nyaman.
Dalam studi ini, data-data primer seperti volume lalu lintas, konflik dan data dari kuisioner dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis untuk memperoleh beberapa parameter seperti Volume Lalu Lintas Jam Rata-rata (VLJR), periode hari puncak (peak day), titik-titik konflik yang ada dan peta situasi area studi. Dari hasil analisis tersebut, diperoleh suatu hipotesa mengenai kondisi eksisting di area jalan Pasir Kaliki, yang dijadikan sebagai landasan dasar bagi perencanaan penanggulangan kemacetan di jalan Pasir Kaliki. Kemudian dicari altematif solusi untuk dianalisis dengan memperhatikan beberapa parameter seperti dimensi jalan, penyebab kemacetan, dan jumlah titik konflik. Dari hasil analisa ini ditetapkan suatu solusi yang paling memberikan dampak positif dan memungkinkan untuk ditetapkan.
Setelah melalui beberapa pertimbangan, solusi yang dapat memberikan kemudahan pengguna jalan dan mengurangi titik konflik juga menuntun pengguna jalan menuju sistem operasional yang diinginkan adalah dengan mengubah arah arus kendaraan, membuat lahan parkir, membuat tempat penampungan pedagang makanan, membuat lahan pemberhentian angkutan umum dan memperpanjang median jalan. Solusi terpilih ini dilengkapi dengan rambu dan fasilitas pejalan kaki seperti zebra cross sebagai sarana pendukung yang diterapkan pada solusi yang dipilih.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Shirley Liliawati, M.Sc ; Asep Sundara, MT, Editor:
Download...
File : 12-2004-KS-SI.pdf
(379444 bytes)