Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2004
PENGARUH PENGHANTARAN LAYANAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PARIWISATA BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (STUDI KASUS DI DESTINASI WISATA PANGANDARAN)
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:26
Oleh : Fitri Ardiani (01701031), Polban
Dibuat : 2004, dengan 1 file
Keyword : Jasa, Penghantaran Layanan
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisa pengaruh penghantaran layanan terhadap kualitas layanan rekreasi berdasarkan persepsi konsumen di destinasi wisata Pangandaran. Keanekaragaman objek wisata yang dimiliki Indonesia menjadikan bermacam-macam pula cara penyampaian pelayanannya terhadap konsumen. Sehingga untuk membedakan layanan dengan pesaingnya suatu layanan rekreasi harus berkualitas tinggi. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kualitas layanan adalah penghantaran layanan (Ramaswamy, 1996). Penghantaran layanan adalah bagaimana menyampaikan layanan yang tepat kepada konsumen yang tepat dan waktu yang tepat. Sedangkan kualitas adalah penilaian pelanggan terhadap layanan yang mereka terima. Analisis faktor, analisis deskriptif dan analisis regresi digunakan untuk mengetahui persepsi konsumen, karakteristik serta pengaruh penghantaran layanan terhadap kualitas layanan di Pangandaran.
Menurut konsumen hal-hal yang dapat dapat dijadikan ukuran tinggi rendahnya penghantaran layanan adalah Perilaku Penjual Jasa dan Prosedur Layanan. Sedangkan hal-hal yang dapat dijadikan ukuran tinggi rendahnya kualitas adalah Sikap, Lingkungan Layanan, Tanggung Jawab, Perawatan Lingkungan, Keselarasan Objek Wisata serta Kemudahan Akses. Karakteristik penghantaran layanan rekreasi Pangandaran secara keseluruhan dinilai cukup baik (3,49). Sedangkan karakteristik kualitas layanan rekreasinya dinilai cukup (3,45). Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas layanan tidak cukup dengan menghantarkan layanan saja melainkan perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Penghantaran layanan terbukti berhubungan dengan kualitas layanan sebesar 55,1% dengan memberikan pengaruh sebesar 30,4%.
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisa pengaruh penghantaran layanan terhadap kualitas layanan rekreasi berdasarkan persepsi konsumen di destinasi wisata Pangandaran. Keanekaragaman objek wisata yang dimiliki Indonesia menjadikan bermacam-macam pula cara penyampaian pelayanannya terhadap konsumen. Sehingga untuk membedakan layanan dengan pesaingnya suatu layanan rekreasi harus berkualitas tinggi. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kualitas layanan adalah penghantaran layanan (Ramaswamy, 1996). Penghantaran layanan adalah bagaimana menyampaikan layanan yang tepat kepada konsumen yang tepat dan waktu yang tepat. Sedangkan kualitas adalah penilaian pelanggan terhadap layanan yang mereka terima. Analisis faktor, analisis deskriptif dan analisis regresi digunakan untuk mengetahui persepsi konsumen, karakteristik serta pengaruh penghantaran layanan terhadap kualitas layanan di Pangandaran.
Menurut konsumen hal-hal yang dapat dapat dijadikan ukuran tinggi rendahnya penghantaran layanan adalah Perilaku Penjual Jasa dan Prosedur Layanan. Sedangkan hal-hal yang dapat dijadikan ukuran tinggi rendahnya kualitas adalah Sikap, Lingkungan Layanan, Tanggung Jawab, Perawatan Lingkungan, Keselarasan Objek Wisata serta Kemudahan Akses. Karakteristik penghantaran layanan rekreasi Pangandaran secara keseluruhan dinilai cukup baik (3,49). Sedangkan karakteristik kualitas layanan rekreasinya dinilai cukup (3,45). Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas layanan tidak cukup dengan menghantarkan layanan saja melainkan perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Penghantaran layanan terbukti berhubungan dengan kualitas layanan sebesar 55,1% dengan memberikan pengaruh sebesar 30,4%.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Dedy Saefulloh, MBA, Editor:
Download...
File : 17-2004-PM.pdf
(348174 bytes)