Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Konstruksi Sipil > 2004
EVALUASI KAPASITAS JALAN DI WILAYAH PERLINTASAN KERETA API STUDI KASUS : JL. GATOT SUBROTO-CIMAHI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:28
Oleh : Mega Adinda Fajarhati (01111015) ; Mila Binta Muthia (01111016), Polban
Dibuat : 2004, dengan 1 file
Keyword : Transportasi, Jalan, Persimpangan
ABSTRAK
Jalan raya merupakan urat nadi dari perekonomian karena jalan merupakan prasarana penting dalam mobilisasi orang maupun barang. Saat ini meningkatnya pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi ikut meningkatkan kebutuhan (demand) tidak seiring dengan ketersediaan supply sehingga terjadi penurunan performa dan tingkat pelayanan dari jalan. Kemacetan sebagai permasalahan yang timbul saat ini dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah terjadinya weaving area. Weaving area atau daerah jalinan menyebabkan bertambahnya waktu tempuh, dan berkurangnya kecepatan tempuh kendaraan. Weaving area terjadi sebagai akibat dari adanya pertemuan dari dua ruas jalan, pada daerah ini juga terdapat bottleneck yang dapat mengurangi kapasitas dari jalan tersebut. Hal inilah yang terjadi di J1. Gatot Subroto di kota Cimahi. Perubahan fisik jalan sangat diperlukan untuk mengatasi hal ini, dengan merubah dimensi jalan dan memperpanjang daerah jalinan akan mengurangi tingkat kejenuhan jalan dan mengurangi terjadinya benturan antar kendaraan. Tetapi harus diperhatikan adalah tata guna lahan daerah tersebut, sehingga perubahan dimensi jalan dibatasi hingga 10,00 m hal ini dikarenakan lokasi wilayah studi digunakan sebagai area perkantoran pemerintahan dan pemukiman penduduk. Penambahan rambu dan penambahan penerangan pada jalan dapat meningkatkan tingkat pelayanan dan keamanan jalan ini.
ABSTRAK
Jalan raya merupakan urat nadi dari perekonomian karena jalan merupakan prasarana penting dalam mobilisasi orang maupun barang. Saat ini meningkatnya pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi ikut meningkatkan kebutuhan (demand) tidak seiring dengan ketersediaan supply sehingga terjadi penurunan performa dan tingkat pelayanan dari jalan. Kemacetan sebagai permasalahan yang timbul saat ini dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah terjadinya weaving area. Weaving area atau daerah jalinan menyebabkan bertambahnya waktu tempuh, dan berkurangnya kecepatan tempuh kendaraan. Weaving area terjadi sebagai akibat dari adanya pertemuan dari dua ruas jalan, pada daerah ini juga terdapat bottleneck yang dapat mengurangi kapasitas dari jalan tersebut. Hal inilah yang terjadi di J1. Gatot Subroto di kota Cimahi. Perubahan fisik jalan sangat diperlukan untuk mengatasi hal ini, dengan merubah dimensi jalan dan memperpanjang daerah jalinan akan mengurangi tingkat kejenuhan jalan dan mengurangi terjadinya benturan antar kendaraan. Tetapi harus diperhatikan adalah tata guna lahan daerah tersebut, sehingga perubahan dimensi jalan dibatasi hingga 10,00 m hal ini dikarenakan lokasi wilayah studi digunakan sebagai area perkantoran pemerintahan dan pemukiman penduduk. Penambahan rambu dan penambahan penerangan pada jalan dapat meningkatkan tingkat pelayanan dan keamanan jalan ini.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Atmam Anwar, MSCE, Editor:
Download...
File : 10-2004-KS-SI.pdf
(309885 bytes)