Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Sipil > Program Studi Konstruksi Sipil > 2004
KAJIAN PERANCANGAN GEOMETRIK BUNDARAN PADA SIMPANG BAROS-KERKOF-LEUWIGAJAH DI CIMAHI
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:29
Oleh : Yuliana (01111046) ; Zulham Tardeni (01111025), Polban
Dibuat : 2004, dengan 1 file
Keyword : Persimpangan, Geometrik
ABSTRAK
Cimahi merupakan kota yang baru secara administratif telah berdiri sendiri dan memisahkan diri dari kota Bandung saat ini telah berkembang menjadi kota mandiri. Sebagai kota yang sedang membangun, tentunya pertumbuhan penududuk di Kota Cimahi sangat pesat. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk, kebutuhan akan transportasi juga meningkat yang menyebabkan banyaknya kendaraan yang beredar di wilayah Kota Cimahi. Kenyataan ini menyebabkan banyaknya kemacetan di persimpangan-persimpangan, salah satunya adalah persimpangan Baros-Kerkof-Leuwigajah.
Dalam analisa perencanaan geometrik bundaran pada simpang Baros-Kerkof-Leuwigajah di Cimahi, dilakukan pengumpulan data yang akan digunakan dalam merencanakan geometrik pada bundaran ini. Perencanaan bundaran ini menggunakan beberapa standar yang digunakan di Indonesia seperti Standar Perencanaan Geometrik Untuk Jalan Perkotaan, Standar Produk untuk Jalan Perkotaan, serta digunakan juga standar mengenai pemasangan rambu dan marka jalan.
Dari hasil analisa dan perencanaan, dihasilkan bundaran dilengkapi dengan rambu dan marka jalan serta fasilitas lain yang mendukung lancarnya lalu lintas kendaraan di persimpangan. Perencanaan geometrik bundaran ini dibatasi hanya dengan hanya merancang diameter bundaran, lebar jalur pada bundaran, rambu dan marka jalan, dan fasilitas-fasilitas pendukung pada bundaran. Laporan ini tidak mencantumkan analisa penghitungan lalu lintas pada bundaran. Beberapa alternatif solusi yang dicantumkan ditujukan untuk mencari alternatif mana yang cocok dan tepat bagi keadaan di sekitar simpang dan aman bagi pengendara serta pejalan kaki.
ABSTRAK
Cimahi merupakan kota yang baru secara administratif telah berdiri sendiri dan memisahkan diri dari kota Bandung saat ini telah berkembang menjadi kota mandiri. Sebagai kota yang sedang membangun, tentunya pertumbuhan penududuk di Kota Cimahi sangat pesat. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk, kebutuhan akan transportasi juga meningkat yang menyebabkan banyaknya kendaraan yang beredar di wilayah Kota Cimahi. Kenyataan ini menyebabkan banyaknya kemacetan di persimpangan-persimpangan, salah satunya adalah persimpangan Baros-Kerkof-Leuwigajah.
Dalam analisa perencanaan geometrik bundaran pada simpang Baros-Kerkof-Leuwigajah di Cimahi, dilakukan pengumpulan data yang akan digunakan dalam merencanakan geometrik pada bundaran ini. Perencanaan bundaran ini menggunakan beberapa standar yang digunakan di Indonesia seperti Standar Perencanaan Geometrik Untuk Jalan Perkotaan, Standar Produk untuk Jalan Perkotaan, serta digunakan juga standar mengenai pemasangan rambu dan marka jalan.
Dari hasil analisa dan perencanaan, dihasilkan bundaran dilengkapi dengan rambu dan marka jalan serta fasilitas lain yang mendukung lancarnya lalu lintas kendaraan di persimpangan. Perencanaan geometrik bundaran ini dibatasi hanya dengan hanya merancang diameter bundaran, lebar jalur pada bundaran, rambu dan marka jalan, dan fasilitas-fasilitas pendukung pada bundaran. Laporan ini tidak mencantumkan analisa penghitungan lalu lintas pada bundaran. Beberapa alternatif solusi yang dicantumkan ditujukan untuk mencari alternatif mana yang cocok dan tepat bagi keadaan di sekitar simpang dan aman bagi pengendara serta pejalan kaki.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Asep Sundara, MT, Editor:
Download...
File : 20-2004-KS-SI.pdf
(296446 bytes)