Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Dwi Suhartanto, MCM, Editor:

Download...

Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2004

STUDI TENTANG POLA PERILAKU PENGGUNA PONSEL DI BANDUNG DAN IMPLIKASINYA BAGI STRATEGI PEMASARAN

Tugas Akhir, 24 / 2004 / PM
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:26
Oleh : Zaenal Arifin (0070221), Polban
Dibuat : 2004, dengan 1 file

Keyword : Perilaku Konsumen

ABSTRAK





Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apa saja alasan yang paling memotivasi konsumen dalam menggunakan ponsel. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui motif pembelian mana yang paling banyak digunakan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian ponsel. Yang kemudian untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam menggunakan ponsel yang dilihat dari demograpinya.





Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 200 orang pengguna ponsel di Bandung dengan menggunakan teknik accidential sampling. Analisa faktor dan analisa frekuensi digunakan sebagai metode analisis data untuk memperoleh hasil akhir dari penelitian.





Berdasarkan hasil analisa faktor, telah membentuk tiga faktor baru yang dapat diidentifikasi sebagai pertimbangan utama konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian ponsel, ketiga faktor tersebut adalah: atribut produk (seperti merek yang disukai, harga yang terjangkau, kualitas yang tidak diragukan serta desain yang disukai), image atau citra produk (seperti kebanggaan, prestise dan status sosial), dan yang terakhir adalah fasilitas dan kelengkapan produk (seperti fitur dan garansi). Hasil analisa frekuensi menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa alasan mereka menggunakan ponsel adalah karena kemudahan berkomunikasi kapan dan dimana saja, menunjukkan gengsi/prestise dan mengikuti trend/gaya hidup masa kini.





Berdasarkan analisa statistik deskriptif, mayoritas responden adalah laki-laki yang berusia antara 21-30 tahun dengan status sebagai pelajar dan mahasiswa yang mempunyai pendapatan kurang dari Rp.500.000 per bulan. Nokia merupakan merek ponsel yang sebagian besar digunakan responden dengan lama menggunakan antara 1 hingga 2 tahun. Pulsa yang dihabiskan tiap bulannya sebagian besar kurang dari Rp.50.000, yang mana sebagian besar digunakan untuk mengirim sms atau mms.

Deskripsi Alternatif :

ABSTRAK





Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apa saja alasan yang paling memotivasi konsumen dalam menggunakan ponsel. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui motif pembelian mana yang paling banyak digunakan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian ponsel. Yang kemudian untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam menggunakan ponsel yang dilihat dari demograpinya.





Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 200 orang pengguna ponsel di Bandung dengan menggunakan teknik accidential sampling. Analisa faktor dan analisa frekuensi digunakan sebagai metode analisis data untuk memperoleh hasil akhir dari penelitian.





Berdasarkan hasil analisa faktor, telah membentuk tiga faktor baru yang dapat diidentifikasi sebagai pertimbangan utama konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian ponsel, ketiga faktor tersebut adalah: atribut produk (seperti merek yang disukai, harga yang terjangkau, kualitas yang tidak diragukan serta desain yang disukai), image atau citra produk (seperti kebanggaan, prestise dan status sosial), dan yang terakhir adalah fasilitas dan kelengkapan produk (seperti fitur dan garansi). Hasil analisa frekuensi menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa alasan mereka menggunakan ponsel adalah karena kemudahan berkomunikasi kapan dan dimana saja, menunjukkan gengsi/prestise dan mengikuti trend/gaya hidup masa kini.





Berdasarkan analisa statistik deskriptif, mayoritas responden adalah laki-laki yang berusia antara 21-30 tahun dengan status sebagai pelajar dan mahasiswa yang mempunyai pendapatan kurang dari Rp.500.000 per bulan. Nokia merupakan merek ponsel yang sebagian besar digunakan responden dengan lama menggunakan antara 1 hingga 2 tahun. Pulsa yang dihabiskan tiap bulannya sebagian besar kurang dari Rp.50.000, yang mana sebagian besar digunakan untuk mengirim sms atau mms.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
OrganisasiPolban
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id