Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2015
Studi Efektivitas Periklanan Online di Jejaring Sosial Faceboo Menggunakan EPIC Model (Studi Kasus: Mahasiswa di Kota Bandung)
Effectiveness Study of Online Advertising in Facebook Social Network Using EPIC Model (Case Study: Students in Bandung)
Tugas Akhir, 055 / 2015 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-28 09:23:26
Oleh : Tedi Arapat - 125231068 (dendhadoni@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-28, dengan 4 file
Keyword : Efektivitas Iklan, EPIC Model, Jejaring Sosial, Facebook
Subjek : Advertising Effectiveness, EPIC Model, Social Networking, Facebook
Facebook adalah sebuah fenomena baru di dunia pemasaran saat ini, total jumlah pengguna Indonesia yang menduduki posisi ke empat di dunia membuat Facebook banyak digunakan oleh para pebisnis online sebagai media promosi periklanan baru yang dirasa potensial karena jangkauan massa yang banyak. Potensi ini yang menyebabkan efektivitas periklanan di jejaring sosial facebook perlu untuk diketahui. Teori yang dipakai dalam penelitian ini untuk mengukur efektivitas iklan pada facebook adalah EPIC Model yang terdiri dari empat variabel yang saling berkaitan, yaitu emphaty, persuasion, impact dan communication. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas iklan pada situs jejaring sosial facebook dengan menggunakan EPIC Model. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Bandung dengan rentang usia 18-22 tahun yang memiliki akun facebook yang masih aktif dan pernah membeli produk secara online yang diiklankan dalam akun pengguna facebook atau setidaknya pernah melihat promosi periklanan dalam akun jejaring sosial facebook yang mereka miliki. Data primer diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh 250 responden yang memenuhi syarat penelitian tersebut. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis dengan menggunakan rumus dari EPIC Model. Secara keseluruhan hasil dari analisis ini menunjukkan hasil yang masuk dalam kategori cukup efektif sesuai dengan Rentang Skala Keputusan EPIC Model dengan nilai 2,96. Sementara itu hasil analisis pertanyaan tambahan menemukan bahwa selain facebook, para responden juga menggunakan jejaring sosial lain seperti Blackberry Messanger dan Instagram yang bisa dijadikan sebagai media promosi periklanan tambahan selain facebook. Oleh karena itu para pebisnis online yang hendak mengiklankan produk pada akun facebook mereka disarankan untuk lebih menekankan pada keempat dimensi dari EPIC Model, atau bisa dengan menggunakan tambahan jejaring sosial lain seperti Instagram dan Blackberry Messenger. Kata Kunci: Efektivitas Iklan, EPIC Model, Jejaring Sosial, Facebook.
Deskripsi Alternatif :Facebook is a new phenomenon in the world of marketing today, the total number of Indonesian facebook users as the fourth biggest in the world make facebook used by a lot of online business as a new potential advertising campaign media because the much mass range can be reach. This causes the potential effectiveness of advertising on the social networking facebook need to be known. The used theory in this study is to measure the effectiveness of advertising on Facebook with the EPIC Model that consisting of four interrelated variables, such as empathy, persuasion, impact and communication. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of advertising on the social networking site facebook by using the EPIC model. The population in this study were students in Bandung City with the age range of 18-22 years old who have an active facebook account and ever purchased online products that are advertised in facebook user account, or at least ever seen advertising campaign in the social networks facebook account that they have. Primary data obtained from questionnaires that completed by 250 respondents who qualified this study. Sampling was done by using purposive sampling method. Analysis techniques using the formula of the EPIC model. Overall the results of this analysis showed results in the category of "Quite Effective" accordance with Decision EPIC Range Scale Model with a value of 2,96. While the results of the analysis of additional questions found that today most of the students also had other social networks such as Blackberry Messenger and Instagram that could serve as an "additional" media advertising campaign besides Facebook. Therefore, the online businesses who want to advertise their products on their Facebook account advised to put more emphasis on the four dimensions of EPIC model, or can use the other social networks like Instagram and Blackberry Messenger. Keywords: Advertising Effectiveness, EPIC Model, Social Networking, Facebook.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Rivan Sutrisno, S.E., M.A., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 125231068.pdf
(539349 bytes)
File : BAB 1 - 125231068.pdf
(362850 bytes)
File : BAB 2 - 125231068.pdf
(365657 bytes)
File : BAB 5 - 125231068.pdf
(290193 bytes)